Taman Wisata Tirta Gangga, Wisata Peninggalan Kerajaan Karangasem di Bali

Cerita tentang Kerajaan tentu tidak asing lagi buat kita, dimana tentu nya kita semua pernah mempunyai impian di masa kecil tentang kehidupan Kerajaan tersebut dari berbagai dongeng yang pernah kita baca. Pastinya dalam benak anda terdapat bayangan tentang suatu Kerajaan yang megah dan dipimpin oleh Raja dan Para Menterinya? Ternyata hal tersebut sangat nyata di Indonesia, dimana beragam budaya nya memiliki peninggalan sejarah dari situs kerajaan-kerajaan kuno yang tidak kalah megahnya dengan bayangan istana yang ada pada pemikiran anda.

Pernahkah anda mencoba untuk berpikir dan bermimpi untuk melihat keindahan budaya tersebut dengan dimulai dengan berwisata di sebuah taman kerajaan yang indah? Tentu hal ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang baru dan menyenangkan, terutama jika liburan yang anda habiskan bersama keluarga dilakukan dengan mengunjungi Bali. Kita tahu bahwa Bali adalah sebuah Provinsi yang sampai sekarang sangat kental mempertahankan tradisi, budaya dan sistem Kasta dan Kerajaan.

Tentu kita tahu bahwa Bali sampai sekarang memiliki Kerajaan, Pura dan Objek Wisata yang indah, sakral dan terpelihara secara turun temurun sebagai suatu kearifan lokal yang masih dijaga dan dilestarikan sampai sekarang. Adapun yang menjadi salah satu keindahan dan kemegahan kerajaan di Bali ini dibuktikan dengan keberadaan suatu taman kerajaan yang disebut Taman Wisata Tirta Gangga Bali. Pastinya keindahan alam yang mendukung dan kemegahan ornamen Kerajaan Bali dapat ditemukan disini. Adapun Tirta Gangga ini dahulunya adalah taman air milik Kerajaan Karangasem, yang dibangun oleh Raja Karangasem “Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung” pada tahun 1946.

“Tirta Gangga” itu sendiri, berasal dari kata “Tirta” yang bermakna air suci dan “Gangga” yang merupakan nama sebua sungai suci di India.
Dari namanya inilah, dimaksudkan bahwa taman wisata ini memiliki air suci yang berasal dari Sungai Gangga, dan hal ini dipergunakan sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat pemeluk Agama Hindu. Tirta Gangga dibangun di lahan seluas 1,2 Hektar, yang memanjang dari timur ke barat di kawasan persawahan.

Ada tiga bangunan yang menjadi ikon karakternya, yakni : terdapatnya patung-patung peninggalan sejarah kerajaan, kolam, dan areal perkebunan. Semua bangunan tersebut memiliki makna tersirat di dalamnya.
Anda akan segera jatuh cinta terhadap pesona alam dan udara sekitar Tirta Gangga yang asri dan sangat sejuk, hal ini dikarenakan letak objek wisata tepat berada di kaki Gunung Agung. Kedua hal ini akan membuat wisatawan sangat tertarik dan betah untuk berlama – lama mengunjungi objek wisata ini. Suasana tenang dan damai Tirta Gangga sangatlah cocok untuk melepaskan lelah dan penat sejenak dari aktivitas kehidupan sehari – hari.

Adapun saat mencapai gerbang pertama, wisatawan akan disambut oleh patung – patung yang berbaris rapi layaknya prajurit kerajaan. Saat memasuki wilayah Taman Gangga ini, pengunjung dapat menyusuri kolam dengan berjalan kaki diatas sebuah jalan setapak yang terbuat dari batu alam, yang tersusun rapi seperti serangkaian jembatan. Anda juga dapat berswafoto dengan latar belakang patung – patung megah yang ada di kolam.


Selain kolam yang berisi air suci tersebut, anda dapat menikmati kolam renang yang memang diperuntukkan bagi para wisatawan. Jika ingin berenang di kolam mini, pengunjung cukup dengan menambah biaya sebesar Rp 6 ribu – 10 ribu rupiah. Kolam yang digunakan adalah kolam air sanih, yang memiliki air jernih dan segar.
Puas bermain air dan menikmati keindahan alam di lokasi Tirta Gangga, pengunjung dapat bersantai dengan mencicipi berbagai menu masakan yang disuguhkan oleh para pedagang setempat. Bahkan pengunjung juga dapat membeli souvenir dan oleh – oleh yang terdapat disana.

Lokasi Taman Wisata Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Letaknya hanya sekitar 5 kilometer dari sebelah utara pusat kota Amlapura dan dengan jarak berkisar 75 kilometer dari Kuta, dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Anda bisa mencapai lokasi dengan menggunakan alternatif mengunakan kendaraan sendiri ataupun menyewa mobil lengkap dengan sopir. Adapun tiket masuk tergolong cukup murah, cukup dengan membayar 5 ribu rupiah per orang dan anda dan keluarga sudah dapat menikmati keindahan alam Taman Wisata Tirta Gangga dengan bangunan-bangunan megahnya.

Sudahkah anda siap untuk mewujudkan mimpi menikmati suasana Kerajaan dengan taman-taman yang indah di tengah pesona alam yang eksotis?

(Content Writer : Agung.Rai TKP. Editor : Agung Narendra, Dupa Andhyka. FashionDaily. Karangasem, 300520)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Kolaborasi Pangeran Harry-Meghan Markle & Netflix