Tarian Waltz, Tarian Elegan Sepanjang Masa

Tarian Waltz, tentu semua orang sangat mengenal jenis tarian indah ini, yang merupakan jenis dari Tarian Ballroom yang sangat menarik untuk dipelajari dan diteliti. Pengenalan tarian ini banyak diasosiasikan dengan Jenis Tarian yang sangat diminati oleh Kaum Bangsawan Eropa pada masa tersebut. Ballroom Dance merupakan jenis tarian yang berkembang di Eropa dimana semua gerakan-gerakan tarian Waltz menjadi dasar gerakan Ballroom tersebut. Perlu untuk diketahui, untuk menarikan tarian terkenal ini, para penari harus “dress up” dan penuh persiapan dengan pakaian formal lengkap “Gaun atau pakaian pesta untuk wanita, “high heels” dan “black Tie” dan sepatu formal untuk pria. Tarian dengan jenis “romantic dance” yang biasanya dilengkapi dengan musik indah dan gaun mewah ini akan memperindah setiap Gerakan bagi para penarinya. Dapat disimpulkan, bahwa tarian waltz yang elegant ini tampil dengan kostum yang mewah sehingga menjadi ciri tersendiri untuk disebut “pantas” memulai tarian Waltz.


Waltz adalah tarian yang mempunyai irama ¾ (dengan tempo triple dengan mempunyai tempo yang berbeda-beda). Tarian waltz harus ditarikan secara berpasangan, selalu dilakukan terutama dalam posisi tertutup (“closed position”). Gerakan dasar utama dari suatu waltz adalah suatu putaran penuh dengan “dua tahap” dengan “tiga langkah per tahap”. Pada mula nya, tarian ini berasal dari “tari weller”, yatu tarian petani Jerman dan “tari lander”, tarian yang berasal dari Austria. Di Jerman tarian ini ditarikan dengan tempo yang agak lambat, sedangkan di Wina/Austria, tarian ini ditarikan dengan tempo yang lebih cepat dan bersemangat. Perlu diketahui, Waltz merupakan “dasar/cikal bakal” dari dimulainya jenis tarian ballroom yang lain yang ada di zaman sekarang.
Pada pertengahan abad ke-17, di kalangan bangsawan Eropa telah dikenal tari “slow waltz”. Slow waltz adalah sebuah tarian yang romantic dimana slow waltz adalah turunan dari “vienese waltz” yang mempunyai tempo lebih cepat. Waltz menjadi populer di Wina/Austria sekitar 1780-an dan menyebar ke berbagai negara lainnya pada tahun-tahun berikutnya. Waltz dan posisi tertutupnya menjadi contoh untuk penciptaan berbagai tarian ruangan lainnya. Selanjutnya, banyak tipe waltz berkembang, termasuk beberapa tarian rakyat dan ruangan lainnya.


Waltz telah dimodifikasi dalam berbagai bentuk dalam perjalanan sejarahnya. Sebelum diperkenalkan kepada masyarakat awam terutama Para Bangsawan dan seniman di berbagai Belahan Eropa saat itu, Waltz masih merupakan bagian dari Tarian Rakyat (“Folk Dances”). Waltz sebagai tarian rakyat lahir di pinggiran Kota Austria dan Bavaria yang lahir pada abad ke-17. Pada pertengahan abad kedelapan belas, tarian waltz telah tumbuh dalam popularitas dan menyebar ke seluruh Eropa. Bahkan menyebar ke seluruh dunia. Waltz menjadi populer di Wina sekitar 1780-an dan sering ditarikan di lapangan besar pada setiap hari raya. Lama-kelamaan keluarga kerajaan sangat tertarik dengan tari rakyat tersebut. Lalu tarian itu dimasukkan kedalam kerajaan dan hanya boleh ditarikan oleh keluarga kerajaan atau orang-orang didalam kerajaan dan orang-orang diluar kerajaan tidak diperkenankan menarikan tarian Waltz lagi. Waltz hanya ditarikan di dalam kerajaan saat hari besar atau di upacara-upacara pernikahan kerajaan.


Bahkan juga Dikenal Waltz gaya Amerika. Gaya Amerika diselingi dengan gerakan yang lebih dinamis, lebih ekspresif dan gerakan berputar, musik yang mengiringi mewarnai gerakan yang dinamis dari penari. Waltz Amerika benar-benar merupakan Waltz modern yang sudah dimodifikasi dengan sedikit menghilangkan unsur elegant yang terkandung, dimana lebih mengedepankan suasana yang “enjoy” dan akrab serta lebih longgar dalam adat menarikannya.


Waltz merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai belahan dunia terutama dalam hal seni tari dan music. Beberapa Komposer dunia sangat tergila-gila untuk menampilkan karya-karya Waltz pilihannya dalam pagelaran konsernya. Claude Debussy dengan komposisi Waltz beraroma Prancis negara asalnya. Pianis terkenal Fryderick Chopin, juga membuat kumpulan komposisi berjudul Waltz yang banyak dipengaruhi oleh negaranya Polandia dan beberapa Negara di Eropa, terutama dengan penampilan “Grand Waltz Brillante” yang sangat dikenal dari Chopin. Bahkan Waltz ini juga selalu menjadi bahan para komposer untuk sekalian memperkenalkan jenis tarian Waltz di negaranya walau selalu dikenalkan dengan “tempo triple”, sesuai ketukannya yang berjumlah 3 (tiga) Langkah setiap melakukan tarian.
Kata “waltz” berasal dari bahasa Jerman “walzer” yang berarti “berputar dalam lingkaran”. Jika Anda pernah melihat orang melakukan Waltz sebelumnya, Anda akan mengerti mengapa itu adalah nama yang sempurna untuk itu.
Asal usul waltz agak kabur. Namun, diterima secara luas bahwa itu berasal di suatu tempat antara Jerman dan Austria. Tentu saja, seperti yang sudah fashiondaily jelaskan bahwa kebanyakan tarian, waltz ini berasal dari tarian rakyat (“folk dances”). Waltz muncul pada masa ketika tarian istana sangat populer. Dalam hal menari, waltz merupakan suatu revolusi dalam tarian karena pada masa tersebut, biasanya orang menari berdampingan daripada berhadapan seperti waltz sekarang. Pada saat itu, orang-orang menari “minuet”, sebagai salah satu favorit dalam tarian para Bangsawan dan wajib, terutama di tengah perhelatan besar seperti yang selalu diadakan Para Bangsawan di “Istana Versailles Prancis”. Waltz, sebagai suatu jenis tarian baru dalam “pasangan tertutup” ini telah memikat banyak orang. Tetapi banyak orang-orang berpikir menari dengan pasangan dengan cara ini (berhadap-hadapan) adalah “praktik yang kurang baik dan memalukan”. Gereja menganggap pada Pria dan Wanita sangat tabu untuk berhadapan, menari, merapatkan tubuh tanpa adanya ikatan/keintiman rumah tangga/hubungan darah.

Akhirnya, lahir Revolusi Prancis dimana Revolusi telah banyak mengubah semua pemikiran itu lebih luas. Banyak tarian istana seperti ”minuet,mazurka dan beberapa jenis tarian” dilupakan ketika waltz mengambil alih dan itu mulai diajarkan sebagai tarian dalam dirinya sendiri. Musik Waltz sangat populer di kalangan komposer yang akan menciptakan “waltz”. Saat ini waltz dipandang sebagai bentuk tarian ballroom yang lebih tua dan tidak terlalu populer di kalangan generasi muda. Namun, hampir semua orang pernah mendengarnya atau melakukan beberapa langkah hanya untuk bersenang-senang. Tarian Waltz ini memang sangat misterius dan memikat dikarenakan nilainya elegan dan untuk bersenang-senang terutama di kalangan anak muda.
Berbagai gaya waltz dikembangkan di berbagai tempat di seluruh dunia seiring waktu. Untuk memilih tarian Waltz ini, Anda harus tahu lebih banyak tentang berbagai gaya waltz.


• Viennese Waltz
Viennese Waltz menari-nari diiringi frasa musik yang terdiri dari 8 ukuran dan bahwa tempo rata-rata sekitar 150 denyut per menit, tetapi, kecuali jika Anda belajar musik, Anda mungkin tidak akan tertarik. Yang penting untuk diingat bahwa itu tidak terlalu cepat dan ada beberapa jenis Viennese waltz (Internasional dan Amerika). Mitra menari bersama erat dan juga bisa berpisah. Viennese Waltz, secara umum, biasanya menari sambil berbelok ke kanan. Namun, terkadang pasangan berbelok ke kiri sehingga mereka tidak pusing. Viennese Waltz populer di kalangan komposer seperti Johann Strauss IIand Offenbach.


• Slow Waltz atau English Waltz
English Waltz adalah evolusi dari Viennese Waltz yang muncul sekitar waktu yang sama dengan yang terakhir. Tidak seperti mitranya dari Austria, Slow Waltz menggunakan duple meter di mana ketukan kedua adalah jeda.

La Danse à la campagne


• Valse Musette
Keluarkan akordeon dan baret dalam ingin melakukan tarian Waltz yang satu ini. Jenis waltz ini populer di pengadilan Prancis. Valse Musette membuat pasangan berpaling di ruang yang lebih kecil. Ini juga dilakukan pada tempo yang lebih tinggi daripada waltz klasik. Jenis waltz ini mirip dengan variasi java waltz yang muncul sekitar waktu yang sama di Perancis.

Ada beberapa cara untuk belajar menari waltz sebagai pasangan dan yang paling umum adalah dari sekolah tari. Bahkan Waltz ini dapat dilakukan dengan bakat anda yang timbul dengan sendirinya. Dalam pelajaran tari pertama Anda, guru tari Anda mungkin akan menunjukkan kepada Anda dasar-dasar tarian. Bahkan, Anda bahkan mungkin belajar sedikit koreografi waltz untuk memulai dengan sedikit gerak kaki untuk gaya tarian lainnya. Yang paling penting adalah mempelajari langkah-langkah utama sebelum berfokus pada di mana Anda seharusnya berada atau memposisikan tubuh Anda. Cara terbaik adalah mempelajari langkah-langkah dasar. Sama seperti belajar bermain piano, Anda harus memulai dengan perlahan untuk memastikan semuanya masuk.


Karena itulah tutor sering kali penting dalam membantu Anda menghindari kebiasaan buruk apa pun. Setelah itu menjadi kebiasaan, Anda akan dapat melakukan setiap langkah dengan lebih cepat. Anda akan belajar bagaimana memposisikan tubuh Anda: lengan Anda harus berada jauh dari tubuh Anda dan membantu setinggi dada. Dada penari tidak boleh bersentuhan, hanya sisi kanan panggul yang melakukan kontak. Tangan kanan wanita harus berada di sebelah kiri pria sehingga ia dapat meletakkan tangan kanannya di bawah skapula wanita. Mereka kemudian perlu berlatih berputar. Masalah dengan kelas di sekolah tari adalah bahwa mereka sering mengelompokkan kelas. Oleh karena itu, beberapa pasangan perlu berbagi kamar. Anda tidak ingin menginjak kaki apa pun. Jadwal perlu bekerja untuk kedua mitra. Baik itu kursus tari, kelas mingguan, kelas malam, kelas intensif, kelas untuk pemula, dll, Anda harus menghubungi sekolah tari untuk melihat apa yang mereka tawarkan. Anda juga dapat belajar tentang gaya tarian lain (“pasodoble, tango Argentina, rumba, Bachata, Salsa, Kizomba, mambo, keran, tarian Afrika, cha cha, salsa Puertorican, tarian Oriental, ayunan, balet, dan lain-lain.”). Waltz sangat elegan untuk bisa belajar menari hal ini khusus untuk hari pernikahan, pertunjukan akhir tahun,dan lain-lain.

Tarian ini juga dibagi menjadi dua jenis seperti tari tango, yaitu “Vienese Waltz dan Boston Waltz”. Pada tahun 1700-an berkembangnya tarian ini dalam jenis baru yang dikenal sebagai slow Waltz (romantisme) sebagai hasil dari Vienese Waltz. Dengan diiringi lagu cinta yang populer saat itu, tempo dari tariannya diperlambat ¾. Vienese Waltz ditarikan dengan pasangan dansa yang berputar lebih cepat ke segala arah dengan gerakan sangat cepat setengah berlari dan melompat. Sedangkan Boston Waltz atau romantic Waltz bertempo lebih pelan dimana pasangan dansa sesekali berputar mengitari lantai dansa dalam posisi berdekap erat dan menari dengan gerakan seirama namun tanpa berlari dan melompat.

Waltz mengalahkan tari popularitas tarian modern seperti : “cha-cha, samba dan rumba”, hingga makin terkenal di seluruh dunia. Di Indonesia tarian jenis Ballroom ini, mulai dikenal saat penjajahan Belanda. Namun sekarang berkembang pemikiran di masyarakat Indonesia bahwa tari Waltz tidak hanya dapat dinikmati sebagai tarian saja, namun juga sebagai olahraga yang menyenangkan dan tidak terlalu melelahkan, karena gerakannya yang banyak membakar kalori.

Jadi, tim fashiondaily.id menawarkan anda semua untuk mulai belajar dansa Waltz ini. Kami rekomendasikan seutuhnya tentang Waltz dan dengan menari akan menambah kegiatan anda di tengah-tengah pandemik ini, untuk menambah kegiatan dan pengalaman. Dengan menari Waltz ini, juga anda akan bertambah sehat dan lincah untuk lebih menguatkan daya tahan dan imunitas kita bahkan menambah teman dan relasi baru bagi kita.

(Content Writer: Dupa Andhyka S Kembaren (Co-Founder), Editor : Anak Agung Narendra Putera (Founer), www.fashiondaily.id, 05082020

Source : Wikipedia, kittykohl.com, ragambudayabarat.wordpress.com, astalog.com, superprof.co.id, Britannica.com, vbds.org, centralhome.com, dancefacts.net, nycballet.com, en.chopin.nifc.pl

Immage Source : Pinterest, ballroomdream.com, coindesdanseurs.fr, ariaballroom.com, Youtube.com, 8tracks.com, dancetabs.com, tjproductions.com.au, theinvitationboutique.co.uk

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Chrishemsworth Tetap Antusias Dengan Perannya Sebagai Thor