Menikmati Pasta Italia Ala Liberta

Seperti yang kita ketahui, di Ibukota Jakarta tercinta ini, sangat banyak Restauran Italia yang bagus dan menjadi tujuan utama untuk sekedar “hang-out” atau menikmati berbagai hidangan Italia kelas atas. Hal yang sangat berbeda dengan Restauran Italia baru ini, “Liberta” namanya, bukan hanya menawarkan tempat yang bagus dan nyaman untuk berkumpul tetapi benar-benar menjadi tempat yang boleh dikatakan juara dalam hal dekorasi, kebersihan, keindahan, rasa makanan khas Italia yang ditawarkan dan aura romantisme sangat terasa. Liberta merupakan sebuah restauran Italia baru yang terletak di Kawasan Jakarta Selatan, sebagai bagian dari Apartemen Pavilion dan dapat menjadi salah satu tujuan yang patut anda kunjungi.

Saat memasuki ruang makan di Liberta hal pertama yang dirasakan adalah suasana yang mewah dan berkelas. Setiap sudut ruangan ini sangat mengesankan, keramahan dari para “Server” dan bahkan pimpinan Liberta benar-benar membuat Tim Fashiondaily.id dapat betah untuk berlama-lama di tempat tersebut. Restauran ini menawarkan suatu “ambience” yang benar-benar membuat anda merasa betah dan seolah-olah waktu terhenti di sini dengan kesenangan anda bercengkrama bersama teman dan pasangan anda saat menikmati hidangan, karena keindahan dan kebersihan tempat dan dekorasinya yang tertata rapi, dan bentuk kursi dan meja yang ditata demi kenyamanan bersama. Konsep “open kitchen” yang megah sehingga dapat memperlihatkan “Head Chef” beserta “pasukannya” membuat hidangan-hidangan istimewa.

Terdapat juga “wine cellar” dan berbagai jenis anggur yang sudah disusun dengan sangat rapi, sehingga Para Tamu bebas untuk memilih Anggur kesukaannya. Selain itu menu-menu yang ditawarkan benar-benar mempunyai cita rasa tersendiri yang tidak dapat dibandingkan dengan Restauran Italia lainnya di Ibukota kita ini. Dalam hal harga menurut kami masih dalam tahap “bersahabat”. Restauran yang menyenangkan, nyaman dan tetap memberlakukan “Protokol Kesehatan Wajib Pemerintah” dalam hal “Pencegahan Covid-19” yakni : Pemeriksaan suhu badan pada saat mulai memasuki area restauran, Wajib Memakai masker, disediakan “hand sanitizer”, meja dan kursi dibersihkan terlebih dahulu sebelum tamu mulai datang. Suasana romantis segera terlihat & terasa pada sore hari di mulai pukul 18.00 WIB, penerangan dari pencahayaan yang agak temaram, sungguh menambah kesan melankolis. Liberta buka pada mulai pukul 10.00 WIB sampai jam makan siang Pukul 14.30 WIB dan kemudian akan dimulai lagi dengan berbagai jenis makanan versi “Dinner” dari pukul 17.30 – 22.00 WIB.

Jika ingin mengadakan acara bersama kolega atau Liberta juga menyajikan 2 ruangan khusus dan sangat private (VIP) yang sangat bersih dan indah. Ruangan ini memang sangat indah karena di desain dengan bentuk yang lebih khusus dan unik. Mereka memiliki dua kamar pribadi dengan tema berbeda. Ruang pertama tampak luar dengan suasana mewah dan klasik dari gaya victoria. Ruangan Victoria yang dibuat sesuai Namanya dan dengan zaman Ratu Victoria dari Inggris. Ruangan ini sangat ekslusif dan sangat diatur dari berbagai perlengkapan dan dekorasi ruangan bergaya Zamam tersebut.

Ruangan lainnya disebut dengan Ruangan bergaya Venesia, dimana di dalamnya ruangannya dibentuk seperti suasana santai pada berbagai kemeriahan pasar di Eropa dan dengan berbagai warna dinding dibuat biru muda dan gambar awan-awan yang berarak. Ruangan ini lebih berkesan ramai dan ceria dikarenakan bentuk-bentuk awan dan jendela-jendela khas Eropa Barat tersebut.
Berikut, tim fashiondaily, akan mereview beberapa jenis makanan, yang layak untuk anda coba, dijamin anda tidak akan menyesalinya.

Liberta merupakan restoran “upscale dining” yang menghadirkan 3 (tiga) inti utama dalam pengalaman makan yaitu “food, service dan ambiance”. Tapi kali ini kita langsung membahas makanannya saja. It’s all about food, after all this is Food Destination. Kami akan mencoba untuk menyuguhkan berbagai makanan menarik yang disajikan untuk di review mulai dari “appetizer, main course hingga dessert”. Mari kita mulai dari :

Appetizer
“Cacio E Pepe Gnocchi Fritti ( Fried Cheese and Pepper Gnocchi )”

Dalam bahasa Italia, pangsit disebut dengan istilah “Gnocchi” dan goreng diartikan dengan “Fritti”. Hal yang paling terpenting dari Di classic italian gnocchi adalah bahannya yang terbuat dari kentang atau pun “semolina” dan sebenarnya “gnocchi” ini masih termasuk kedalam kategori “pasta” untuk jenis di “main course”. Namun, Tim Fashiondaily sangat beruntung karena dapat langsung menemui Head Chef Liberta ini yakni “Chef Wahyudi Kisworo” atau biasa dikenal sebagai “Chef Yudhi”, dimana Chef menjelaskan bahwa gnocchi dibuat sedemikian rupa sebagai hidangan pembuka. Sebuah inovasi baru untuk sebuah restoran Modern Italia.

Proses pembuatan gnocchi itu sendiri biasanya direbus lalu dicampur dengan “sauce”-nya. Inovasi yang benar-benar dapat dikatakan “out of the box” atau “beyond Expectations”, “gnocchi yang dikukus”. Chef Yudhi sendiri ingin menghadirkan suatu varian yang berbeda dari restoran Italia lainnya, yang benar-benar dapat menjadi daya Tarik tersendiri dari Liberta, menunjukkan sebuah “masterpiece” yang tidak terlupakan sensasinya saat mulai menikmatinya.
Hal yang paling berkesan buat kami, adalah saat gigitan pertama pada gnocchi goreng yang disajikan dalam keadaan panas, dengan “cheese sauce” yang meleleh, menjadikan suatu paduan rasa yang luar biasa. “Gnocchi fritti”-nya dimasak dengan tehnik memasak yang sempurna, di-“deep fried” dengan suhu yang tinggi sehingga menghasilkan gnocchi yang krispy diluar, empuk didalamnya. Dengan taburan daun arugula diatasnya yang di-drizzled dengan olive oil.

Jangan lupa, namanya “cacio e pepe” yang artinya “cheese and pepper”, rasa yang menonjol adalah “keju dan lada”, akan tetapi rasa ladanya sangat subtle, soft, rasa yang sangat halus dan presisi, tidak terlalu mendominasi, sangat cocok mengkomplemen keju dan gnocchi frittinya. Yang paling patut untuk diacungi jempol adalah cara penyajiannya yang Disajikan di “cast iron pan” sehingga keju tetap dalam keadaan meleleh dan tahan panas lebih lama dibandingkan disajikan di piring, penyajian yang benar-benar dipikirkan dengan sangat “cermat dan detail”. Keju yang digunakan sebagai andalannya adalah “gorgonzola, pecorino, parmesan dan lain-lain” yang dicampur dengan cooking cream yang ringan sehingga saat dimakan tidak eneg dan justru menciptakan rasa tersendiri yang membuat kita ingin lagi dan lagi. “Cacio e peppe gnocchi fritti” ini merupakan salah satu hidangan yang sangat cocok untuk dimakan sharing. Memakan hidangan sambil bercanda ria dengan teman, pasangan dan keluarga ditambah suasana Liberta yang hangat dan penuh keceriaan tentu menambah kesenangan dan nafsu makan anda.

Hidangan ini akan seakan-akan membawa anda dan keluarga atau pasangan anda seperti berada di suatu hari yang berangin dan sejuk di Italia sembari duduk di sebuah restoran di pinggiran jalan yang ramai orang, hangatnya keju meleleh dan gnocchi fritti-nya pada indra pengecap anda membuat setiap suapan terasa semakin sempurna.

Main Course
Black Ink Tagliolini Pasta with smoked salmon.

Tagliolini adalah pasta tipe pita tipis seperti spaghetti, 2 (dua) atau 3 (tiga) milimeter lebarnya atau sepersepuluhnya 1 (satu) inchi. Pasta ini menggunakan keunikan tersendiri yakni tinta cumi berwarna hitam yang mempunyai rasa yang kaya, asin, dengan aroma samar dari keasinan lautan, yang sempurna.
Pasta hitam tinta cumi tagliolini ini dimasak dengan tepat hingga mencapai kesempurnaan kekenyalan “al dente” yang dipadukan dengan “cream sauce” yang sederhana, dimasak dengan menggunakan beberapa macam keju seperti “parmigiano-regianno, parmesan dan beberapa macam keju lainnya”, dipadukan dengan daging ikan salmon asap dan “fish roe” ( “telur ikan salmon” ) sebagai topping diatasnya, melahirkan sebuah hidangan yang “exquisite and divine”. Adapun pasta ini, dibuat dengan cukup sederhana agar rasanya tetap bersinar.
Suapan pertama black ink tagliolini dengan smoked salmon dan fish roe-nya adalah sebuah suapan sempurna. Rasa asin dari fish roe-nya sangat terasa, rasa salmon asapnya yang terpadu dan tercampur dengan indah membuat kita terbawa dalam imajinasi seakan-akan kita berada di restoran autentik di Italia di pinggir laut sambil memandang lautan dengan cuaca cerah, langit biru dan angin laut yang membelai sepoi-sepoi.

Suapan kedua hingga terakhir, suapan yang membawa daya hayal kita pada suasana romantis Italia, baik itu dengan pasangan, keluarga atau bahkan sendiri. “A perfect bite from the beginning until the end”. Ditemani dengan segelas “white wine Pinot Grigio atau red wine Montepulciano” yang segar. Untuk hidangan seperti ini pemilihan anggur yang cocok adalah yang lebih mengandung asam, yang tingkat keasamannya lebih tinggi, yang lebih menggugah selera. Sambil melamun, menikmati suara ombak dan kicauan burung. Sungguh hal ini merupakan suatu hal yang tidak dapat dilupakan dan anda pasti akan terbawa pada keunikan rasa dari Pasta Seafood yang satu ini.

Ikuti terus kelanjutan review kami terhadap beberapa makanan dan hidangan yang fantastis yang disajikan oleh Liberta.

Content Writer : Dupa Andhyka S Kembaren (Co-Founder)
Food Enthusiast : Rd. Gestino R Roebianto
Editor : Anak Agung Narendra Putra (Founder)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Bunut Bolong, Objek Wisata Di Desa Manggis Sari Jembrana – Bali Barat