HIdangan Khas Brazilia dari Tucano’s

Hi Food Lovers, 2 artikel yang diawal yaitu Mocca Nougat Cake dan beberapa makanan Itali yang pernah kita review, adalah 2 makanan yang sangat terbiasa di lidah kita, sekarang bagaimana jika kita naikan ke level berikutnya, yaitu makanan Brazil.

Sepertinya semua akan menerka-nerka apa sih makanan Brazil itu? Ini beberapa menu yang menurut tim Fashiondaily.id dekat dengan lidah kita dan nyatanya rasanya pun sangat lezat. Resep masakan Brazil dipersiapkan dengan cinta, dan makanannya merupakan hidangan sebuah perayaan.

Kenapa sebuah perayaan? Karena orang-orang duduk sama-sama, merayakan hidangan tersebut, minum bir yang dingin atau capirinha, dan tertawa bersama. Menikmati hidangan dan kebersamaannya. What’s not to love? Tanpa lebih bertele-tele lagi kami persembahkan, Churrasco.

Apa itu Churrasco? Pada dasarnya adalah daging panggang.
Jika kita berkunjung ke Brazil, menikmati churrasco wajib masuk kedalam agenda kuliner anda. It’s a must. Churrasco yang berarti daging panggang bisa ditemukan di churrascaria atau steakhouse di seluruh penjuru Brazil.

Awalnya, sajian ini dikenal di daerah Brazil Selatan, restoran dengan jenis ini dipopulerkan oleh gaucho (koboi) pada tahun 1600an. Setelah mereka berkuda, para koboi ini memanggang daging untuk dinikmati beramai-ramai.

Biasanya potongan daging sapi atau domba akan ditusukkan ke tusukan besi dan dibakar di atas perapian, bumbu yang digunakan pun simpel hanya taburan rock salt untuk menambah cita rasa. Sampai sekarang setiap perumahan di daerah Brazil pasti memiliki perapian untuk memanggang daging sendiri.

Ada juga bagian skirt empuk yang juga diberi bumbu yang sama. Bagian jeroan seperti hati sampai jantung dari sapi dan kambing pun juga di grill sampai crispy dan juicy.

Dalam proses memasaknya, lima sampai enam potongan daging akan ditusukkan ke besi panjang dan dibakar secara vertikal di perapian layaknya kebab.

Penyajiannya pun unik, para pelayan akan membawa tusukan daging ini dan mengiris daging yang baru dipanggang di hadapan anda. Biasanya restoran ini berjenis all you can eat, jadi Anda bisa makan sampai puas.
Jenis daging yang di persembahkan oleh Tucanos adalah Black Angus Beef. Karena daging sapi Angus memiliki lebih banyak marbling, lemaknya lebih merata sehingga menghasilkan daging yang lebih segar dan empuk daripada daging sapi biasa. Selain itu, daging sapi Angus memiliki lebih banyak lemak dan lebih sedikit daging tanpa lemak dibandingkan daging sapi biasa

Beberapa jenis potongan daging ini terdiri dari :

1. Picanha ( Prime Top Sirloin ) – Salah satu jenis potongan yang paling populer yang hanya dibumbui dengan rock salt.

2. Garlic Steak – potongan daging sapi yang telah dibumbui dan diinap semalaman dengan potongan cincang bawang putih yang memberikan rasa yang kuat, gurih dan kaya rasa, potongan cincang bawang putih yang berwarna kecoklatan setelah dipanggang memberikan sensasi kerenyahan yang halus pada daging tersebut.

3. Alcatra ( Top Sirloin ) – salah satu potongan daging sapi yang luar biasa empuk dan kaya rasa, meleleh di lidah ketika anda memakannya.


4. Cupim (Beef hump) – potongan daging yang sangat unik dari sapi Zebu, yang sangat amat empuk, kaya rasa, gurih, lembut dengan urat-urat daging yang sangat halus menambah cita rasa daging itu sendiri. Sapi Zebu berasal dari asia bagian barat daya.

5. Frango (Paha ayam) – tidak hanya daging sapi, tapi untuk dibuat lebih menarik lagi Tucanos menyajikan paha ayam juga yang sangat empuk, kulitnya terpanggang sempurna hingga sangat crispy.

6. The coracao (Jantung ayam) – nah mungkin buat anda yang belum pernah makan jantung ayam, ini merupakan salah satu kesempatan istimewa, karean jantung ayam yang dipanggang oleh Tucanos juga sangat empuk dan tidak amis.

7. Beef Sausage – sosis sapi ini sangat berbeda dengan sosis sapi lainnya, baik yang kita beli merek import atau bahkan lokal, karena disini rasa daging sosis sapinya sangat khas dan sangat menonjol, very rich flavour. Memakannya tanpa harus menggunakan cocolan lain atau saus sambal.

Kurang lengkap rasanya jika tidak ada saus condiment untuk menambah selera, tersedia 5 macam saus cocolannya, yaitu : BBQ, mushroom, spicy chilly, vinaigraitte dan blackpepper. Masing-masing mempunyai profile rasa yang berbeda-beda, yang biasa anda makan biasanya BBQ, mushroom dan blackpepper, namun 2 rasa yang menurut kami sangat seru dan kaya rasa profilenya adalah vinaigrette dan spicy chilly. Buat yang suka rasa asam yang halus dari perasan jeruk lemon dipadu dengan potongan cincang bawang bombay, acar timun pickle dan olive oil, Vinaigrette sangat cocok. Namun buat anda yang sangat suka pedas, rasa asam pedas yang kuat dari sambal Tabasco, di blend dengan cayenne pepper, cabai merah besar dan cabai rawit merah, Spicy Chilly lah pemenangnya.

Brazil juga terkenal dengan buah-buahan yang eksotis dan segar, hadirlah Grilled Pineapple, nanas panggang yang dibumbui hanya dengan taburan bubuk kayu manis, yang menambah rasa dan aroma dari buah nanas yang manis. Paduan gigitan pertama dari kombinasi daging dengan nanas panggang dengan cocolan sesuai selera anda, merupakan suapan pertama yang sangat sempurna, a perfect bite membuat bulu kuduk anda merinding dan anda langsung terbawa ke ambiance Brazil yang meriah, pesta warna-warni, karena lidah anda diajak berpesta, keempukan dan kaya rasa dari dagingnya, rasa manis dari nanas panggang dan kayu manisnya ditambah cocolan pelengkap. Speechless kita dibuatnya, indera pengecapan anda merasakan semuanya. Hanya senyuman lebar yang dapat diperlihatkan, membuat kita ingin lagi dan lagi melahapnya.

Secara keseluruhan, daging-daging panggangnya cooked to perfection, seasoned perfectly, has a nice grilled charred marks on it, a feast to the eyes and our taste buds, sebuah pesta perayaan dalam rangka penghormatan rasa daging black angus tersebut.

Food Lovers, Tucano’s sendiri menawarkan beberapa alternative package yang bisa di nikmati di rumah, beberapa alternative penawarannya adalah : Churrasco Platter, Red Bean Stew, Brazilian Beef Stew, Brazilian Fish Stew, Green Salad, Potato Salad, Egg Salad. Harga mulai dari IDR 36,000 – IDR 125,000 Nett. Tucano’s juga menawarkan paket Bento seperti : Brazilian Fried Rice With Chicken Pineapple, Brazilian Fried Rice with alcatra and Pineapple, Brazilian Friend Rice with Picanha and Pineapple dengan range harga dari IDR 40,000 – 55,000 semua menu ini juga tersedia di applikasi Gojek dan Grab, untuk di pesan secara online, anda juga dapat menikmati menu-menu tersebut di Tucano’s Paviliun, dan Senayan City bisa di takeaway ataupun delivery.


Menu lain yang coba di high light selama masa pandemic ini, adalah Fresh Meat dengan pilihan daging yang bisa anda pilih seperti : Marinated Chicken, Picanha (Prime top Sirloin), Alcatra (Top Sirloin), Cupim (Beef Hump), Lamb leg, Black Angus. Harga mulai dari IDR 25,000 – 130,000, pilihan aneka daging ini juga ada pada aplikasi Grab dan Gojek, dan juga terserdia di Tucano’s Paviliun, dan Senayan City.


Untuk memanjakan keluarga, Tucano’s juga menyediakan Family Pack yang dapat menyajikan makanan 5 – 6 Pax pilihan paket adalah : Picanha Set, Black Angus Set, Premium Wagyu Set dengan range harga IDR 695,000 – IDR 1,095,000 nett. Family Pack juga dapat di delivery atau di take away.


Atau Food Lovers, dapet menikmati Paket Churracos et of the week package dengan beberapa alternativ pilihan seperti : Regular, Black Angus, Premium Wagyu, dengan harga start dari IDR 165,000 – IDR 295,000 per pax.
Setelah Pandemi dan restaurant sudah dapat dine in, Jika anda tertarik untuk menikmati dine in di Tucano’s, maka anda dapat menikmati All you can eat buffet dari harga 168,000++ express package lunch, untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi ke nomor : 021-29023398 / 087888958414, atau dapat melalui email : rsvp@tucanoshurrascaria.id

Profile :
Gestino R Roebianto adalah seorang food enthusiast, yang bakatnya di temukan oleh Tim Fashiondaily.id, mengawali karir sebagai seseorang sales di Industri media, tetap tidak menghilangkan minatnya terhadap dunia kuliner, berawal dari membantu sang nenek memasak pada masa kecil, Tino, Panggilan akrabnya, menjadi mengetahui secara detail proses memasak, membedakan rasa, memetakan bumbu masak berdasarkan fungsi dan baunya, mengetahui fungsi alat masak dan memakainya berdasarkan keperluan untuk memasak makanan berdasarkan jenisnya, yang pada akhirnya membentuk dirinya menjadi seseorang Food Enthusiast yang tidak hanya dapat memasak dan tetapi mempunyai lidah yang peka terhadap rasa.

Keahliannya mendefiniskan bumbu yang di pakai pada masakan juga menjadi kekuatan seorang Gestino R Roebianto, dalam menilai rasa dalam suatu makanan. Minatnya terhadap fotografi juga membantunya untuk menyempurnakan bakatnya sebagai seorang Food Enthusiast, walaupun masih dalam tahap pembelajaran, Tino, terus menempa dirinya untuk menjadi seorang food enthusiast yang tidak hanya mengerti dunia culinary, tetapi juga mengerti bagaimana mengambil angle yang tepat dalam memoto makanan. Berikut ini adalah quotes yang ia selalu pakai dalam kehidupannya “Life is too complicated, cooking doesn’t has to be keep it simple but not so simple”

Food Enthusiast : Gestino R Roebianto
Photographer : Gestino R Roebianto
Photo Editor : Yudha Manggala Putra

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Perjalanan Di buat Oleh Cinta