Perkembangan Tarian Terkenal Polandia, Mazurka

Mazurka (Dalam Bahasa Polandia: “mazurek atau mazur”) adalah tarian rakyat Polandia dalam tiga meter, biasanya dengan tempo yang hidup, dan dengan “aksen yang kuat ditempatkan secara tidak sistematis pada ketukan kedua atau ketiga”. Tarian ini Berasal dari wilayah budaya Mazovia, ini adalah tarian yang sangat dikenal sebagai salah satu tarian nasional Polandia. Sulit untuk memisahkan sejarah Polandia dari tarian semarak yang dimulai di pedesaan Polandia dan secara bertahap, seiring waktu, berkembang menjadi ballroom Eropa dan tradisi lokal dari budaya yang jauh. Pada awalnya, mazurka sebagai jenis musik dan tarian digubah, dimainkan dan dinikmati oleh petani. ‘Irama mazurka adalah ritme kerja’, pelukis, etnografer, dan dimana seorang Polandia : “dosen Andrzej Bieńkowski” berkata, “di pedesaan, suara cambuk dan mazurka selaras. Saat tiga orang memotong kubis pada saat bersamaan, “Anda akan mendapatkan ritme tiga kali lipat. Musisi sering bermain untuk memudahkan proses menuai panen atau untuk tukang kayu di tempat kerja.”

Mazurka, di samping tarian polka, menjadi salah satu bagian populer dari tarian ballroom Eropa pada abad ke-19, terutama melalui karya-karya terkenal dari pianis kenamaan Frédéric Chopin. Chopin adalah salah satu pianis yang berkebangsaan Polandia dan sangat mengagumi dan menghormati tarian jenis ini. Beberapa karyanya merupakan jenis Tarian Mazurka yang banyak ditulis dan dibuat Menjadi suatu ciri khas karya abadi (Masterpiece) yakni : “ 59 Jenis Mazurka untuk karyanya. Sebagai contoh salah satunya “Trois Mazurka Opus 56 No 1-3”. Karena itulah Mazurka diangap sebagai suatu tarian yang sangat penting untuk menggambrkan keindahan Tarian Rakyat Polandia terebut. Tarian Mazurka dari Polandia ini merupakan jenis tarian rakyat yang dihrmati di kelasnya sebagai umumya tarian Waltz yang sangat terkenal di Eropa.

Musik Mazurka memiliki ukuran 3/4 atau 3/8. Para musisi bebas berimprovisasi dan begitu pula para penarinya. Namun demikian, ini adalah tarian yang sangat artistik dan sulit untuk dipelajari. Awalnya dilakukan secara eksklusif sebagai tarian klasik, dan terdiri dari banyak figur dan langkah. Kecuali untuk beberapa gerakan dasar, tarian tersebut telah kehilangan figurnya yang berlebihan. Hal ini dapat dilakukan untuk memutar waltz bertempo cepat, tetapi benar-benar berkembang jika musik memiliki ketukan yang kuat dan terdengar Slavia.


Asal mula rakyat mazurek adalah dua bentuk musik Polandia lainnya yaitu “kujawiak lambat”, dan “oberek cepat”. Mazurek selalu ditemukan memiliki triplet, getar, pasangan nada kedelapan bertitik (not seperdelapan/quaver note), atau pasangan nada kedelapan biasa sebelum dua not seperempat (not seperempat/ crotchet note). Pada abad ke-19, tarian ini menjadi populer di banyak ballroom di berbagai belahan Eropa. Perlu untuk diketahui bahwa Lagu dan tarian kebangsaan Polandia memiliki ritme mazurek tetapi terlalu lambat untuk dianggap sebagai mazurek.

Maurka Pattern

Dalam bahasa Polandia, bentuk musik ini disebut “Mazurek” — kata yang berasal dari “mazur”, yang hingga abad kesembilan belas telah menunjukkan penduduk wilayah “Mazovia di Polandia”, dan yang juga menjadi akar dari “Masuria”. Di Polandia, mazurka sebenarnya adalah kasus mazurek genitif dan akusatif.”
Chopin pertama kali mulai membuat mazurka pada tahun 1824, tetapi penggubahannya tidak menjadi serius sampai tahun 1830, tahun Pemberontakan November, pemberontakan Polandia melawan tsar Rusia. Chopin terus menggubahnya hingga 1849, tahun kematiannya. Karakteristik gaya dan musik mazurka Chopin berbeda dari varietas tradisional karena Chopin pada dasarnya menciptakan genre mazurka yang benar-benar terpisah dan baru sepenuhnya miliknya. Misalnya, dia menggunakan teknik klasik dalam mazurka-nya, termasuk Jenis Musik “Counterpoint dan fugue”.

Dengan memasukkan lebih banyak nada-nada “kromatik” dan “harmoni” yang bervariasi dalam mazurka, membuat mazurka secara teknis lebih menarik daripada tarian tradisional. Chopin juga mencoba menyusun mazurka-nya sedemikian rupa sehingga tidak bisa digunakan untuk menari, sehingga menjauhkannya dari bentuk aslinya. Suatu ide brilian baru dan perluasan pemikiran dari Tarian rakyat Polandia tersebut. Chopin membuat suatu tarian Mazurka dalam 59 komposisinya lebih hidup dan keluar dari “pakem” sebenarnya Mzazurka ini.

Namun, saat Chopin mengubah beberapa aspek dari mazurka aslinya, dia mempertahankan aspek lainnya. Mazurka-nya, seperti tarian tradisional, mengandung banyak pengulangan: pengulangan tindakan atau kelompok tindakan tertentu; dari seluruh bagian; dan dari tema awal. Irama mazurka-nya juga tetap sangat mirip dengan mazurka sebelumnya. Namun, Chopin juga memasukkan elemen ritmis Dn utama dari dua bentuk Polandia lainnya yang disebutkan di atas yakni “kujawiak” dan “oberek”; Mazurka-nya biasanya menampilkan ritme dari lebih dari satu dari tiga bentuk ini (“Mazurek”, “kujawiak”, dan “oberek”). Penggunaan ritme ini menunjukkan bahwa Chopin mencoba menciptakan genre yang terkait dengan bentuk aslinya, tetapi tetap merupakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Mazurka dimulai sebagai tarian untuk empat atau delapan pasangan. Akhirnya, “Michel Fokine” menciptakan tarian mazurka solo wanita yang didominasi oleh Teknik “grandes jetés terbang”, posisi “arabesque” kedua dan ketiga bergantian, dan postur klimaks split-leg lebih diterapkan dalam mentarikannya. Adapun tarian Mazurka ini popular sebagai seluruh tarian Eropa and sampai kepada Amerika Serikat hingga di abad pertengahan ke Sembilan belas.

Tarian ini menyebar ke ballroom Eropa pada abad ke-16 – melalui Jerman ke Denmark dan Swedia, di mana mazurka tetap menjadi salah satu tarian paling populer dan disebut sebagai ‘polska’. Di Prancis, mazurka ditangkap berkat legiun Polandia yang bertarung berdampingan dengan Napoleon. Seperti semua hal kelas atas, dari Paris tarian modis mencapai Italia, Austria, semenanjung Iberia, Azores, Cape Verde, Kepulauan Canary dan bahkan Brasil yang jauh. Seabad kemudian, ritme, melodi, dan langkah gelandangan mengilhami Pina Bausch untuk menulis paduan mazurka dan fado melankolis yang disebut “Masurca Fogo (Fiery Mazurka)” yang dilakukan di “Tanztheater Wuppertal”.

Di Prancis sendiri, composer/pianis yang terkenal dengan karya “impresionis-nya” yakni “Claude Debussy” dan juga “Maurice Ravel” menulis mazurka; Debussy membuat suatu karya Mazurka yang berdiri sendiri, dan Ravel adalah bagian dari rangkaian karya awal, “La Parade”. “Jacques Offenbach” sendiri memasukkan mazurka dalam baletnya “Gaîté Parisienne”, sedangkan komposer “Léo Delibes” mengarang satu yang muncul beberapa kali dalam aksi pertama baletnya “Coppélia”. Mazurka sering muncul dalam musik rakyat tradisional Prancis. Di “Antillen Prancis”, mazurka telah menjadi gaya tarian dan musik yang penting. Dari sini kelihatan bahwa Mazurka sangat berkembang di Eropa dan dicintai bukan hanya di negara asalnya Polandia.

Versi Tarian Mazurka yang sering dibuat dan ditiru adalah jenis “mazouk” yang dimulai sekitar tahun 1979 di Paris dimana hal ini berubah menjadi gaya tari populer global “zouk” yang dikembangkan di Prancis dan dipopulerkan oleh supergrup “Kassav ‘Island-creole Paris”; mazouk telah diperkenalkan sampai ke Daratan Amerika yakni ke Karibia Prancis pada akhir tahun 1800-an. Pada abad ke-21 di tarikan di Brasil dan diaspora Afro-Karibia, “zouk” (dan band leluhurnya Kassav ‘) tetap menjadi sangat populer. Dalam tarian rakyat abad ke-20 yang populer di Prancis, mazurka Polandia / piano klasik (Dapat dilihat terkait artikel “Chopin”) berkembang menjadi mazouk, sebuah tarian dengan kecepatan yang lebih lembut (tanpa langkah ‘hop’ tradisional pada ketukan ke-3), yang mendorong tarian yang lebih intim dan mengasosiasikan mazouk dengan tarian “rayuan” (lihat juga tango dari Argentina). Gaya mazurka “seksi” ini juga telah diimpor ke tarian “balfolk” di Belgia dan Belanda, oleh karena itu dinamai “Belgian Mazurka” atau “Flemish Mazurka”. Mungkin gaya musik dansa intim yang paling bertahan lama dari asal ini memindahkan zouk dari tahun 1980-an-2000-an menjadi varian tarian lambat yang sangat populer (terutama di Brasil dan Afrika) yang disebut zouk love, yang tetap menjadi bagian utama dari tempat dansa Prancis-Karibia di Paris dan tempat lain.

Mazurka berkembang secara luas, sampai ke seluruh dunia bahkan ke Asia dan Australia. Di Rusia, banyak komposer menulis mazurka untuk piano solo: Scriabin, Balakirev , Tchaikovsky. Borodin menulis dua di “Petite Suite for piano”; Mikhail Glinka juga menulis dua, meskipun yang satu adalah versi sederhana dari Mazurka No. 13 karya Chopin. Tchaikovsky juga memasukkan mazurka dalam skornya untuk “Swan Lake”, “Eugene Onegin”, dan “Sleeping Beauty”.


Mazurka adalah tarian umum di pesta dansa dan acara Kekaisaran Rusia dan itu digambarkan dalam banyak novel dan film Rusia. Selain disebutkan dalam “Anna Karenina” karya “Leo Tolstoy” serta dalam episode berlarut-larut dalam “War and Peace”, tarian ini secara mencolok ditampilkan dalam “novel Fathers and Sons” karya “Ivan Turgenevz”. Arkady menyediakan mazurka untuk “Madame Odintsov” yang dengannya dia jatuh cinta. Selama pesta bola Rusia, ia ditarikan dengan elegan dan terkenal oleh “Tsarina Maria Feodorovna”, tsarina kedua dari kekaisaran Rusia sebelum keruntuhannya pada tahun 1918 ( Revolusi Rusia).


Di Amerika Serikat, Mazurka bertahan dalam beberapa lagu biola kuno, dan juga dalam musik Cajun awal, meskipun sebagian besar telah keluar dari musik Cajun sekarang. Di Amerika Serikat bagian Selatan kadang-kadang dikenal sebagai “mazurka”.

Di California, Selain menjadi bagian dari repertoar sesi musik tradisional Irlandia, mazurka telah dimainkan oleh berbagai kelompok budaya di California. Mazurka pertama kali datang ke “Alta California” selama periode Spanyol dan menari di antara California. Kemudian, gitaris terkenal “Manuel Y. Ferrer”, yang lahir di Baja California dari orang tua Spanyol dan belajar gitar dari seorang biarawan Fransiskan di Santa Barbara tetapi membuat karirnya di San Francisco Bay Area, “mengatur mazurka untuk gitar”. Selama awal abad ke-20, mazurka menjadi bagian dari repertoar musisi Amerika Italia di San Francisco bermain dengan gaya ballo liscio. “Pianis Sid LeProtti”, seorang musisi jazz awal kelahiran Oakland yang penting di pantai barat, menyatakan bahwa sebelum jazz lepas landas, dia dan musisi lain di klub Barbary Coast memainkan mazurka selain waltz, dua langkah, pawai, polka, dan schottish. Satu mazurka, di California, dimodifikasi dengan dimainkan pada harmonika, dikumpulkan oleh Sidney Robertson Cowell untuk Proyek Musik Rakyat WPA California pada tahun 1939 di Tuolumne County.

Demikianlah, Mazurka telah berkembang pesat sampai ke seluruh dunia dan dimodifikasi dengan berbagai unsur kebudayaan setempat. Mazurka membudaya dengan seni dan keahlian serta keragaman budaya masing-masing. Mazurka sebagai salah satu bentuk tarian Ballroom Tradisional dari Polandia yang sangat terkenal. Mazurka sebagai tarian yang dijadikan sebagai suatu jenis tarian yang kami sarankan untuk mengisi waktu “Working From Home (WFH)” anda.

Content Writer : Dupa Andhyka S Kembaren (Co-Founder), Editor : Anak Agung Narendra Putra, www.fashiondaily.id, 02102020)

Source : Wikipedia, Merriam Webster, Britannica.com, polishmusic.usc.edu, charm.rhul.ac.uk, oxfordmusiconline.com, en.chopin.nifc.pl, culture.pl, yourdictionary.com

Image Source : Youtube.com, aminoapps.com, polishmusic.usc.edu, lowiczanka.wordpress.com, http://angelchopin.blogspot.com, www.boosey.com, wikidancesport.com, farnhamdance.co.uk, Pinterest

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Reuni Sandra Bullock-Ryan Reynolds