Short Ribs Pizza, Tiramisu & Cocktail Khas Liberta

Ambiance Liberta yang cozy, dengan “wine cellar” yang dipenuhi dengan wine berbagai macam rasa, “open bar” yang dimana kita bisa melihat sang “Head Bar” meracik sebuah minuman, “open kitchen” dimana kita bisa melihat “sang chef” beserta pasukannya membuat berbagai macam makanan mulai dari appetizer hingga dessert hingga tungku pizza yang terlihat jelas membuat kita seakan-akan “berada di sebuah restoran pizzeria modern di italia”.
Sebagai mana layaknya kita menyaksikan sang maestro mengolah adonan pizza, melempar dan terakhir melapisi adonan pizza dengan bahan-bahan yang luar biasa segar, dimasukan ke dalam tungku panas itu, menghasilkan sebuah pizza yang diberi nama “Short Ribs Pizza”. Daging short ribs yang di “braised” cukup lama hingga empuk menjadi bintang dari pizza ini, bawang bombay yang di caramalized sebagai toping untuk meng-elevate rasa manis dan ditutup dengan macam-macam keju luar negeri yang rasanya sangat seimbang. Sebuah karya “Masterpiece”.
Banyak orang memakan pizza tipis menggunakan garpu dan pisau, namun cara makan pizza yang otentik seperti orang-orang Italia yaitu adalah dengan tangan, sepotong pizza dilipat menjadi 2 lalu langsung dilahap, tanpa harus menambahkan cocolan lainnya seperti saus sambal. Hanya dengan rasa pizza itu sendirilah barulah kita bisa merasakan rasa pizza yang asli, otentik, adonan yang empuk bagai roti, keju, caramelized onion dan terakhir short ribsnya. Itu lah cara makan pizza yang benar. Jika lidah kita ingin menambahkan rasa pedas, kita bisa menaburkan “chilly flakes”, bukan “chilly sauce” atau pun “tabasco”, 2 hal itu “akan merusak rasa”.

Terbayang didalam benak kita jika kita ingin memakan pizza, gigitan pertama yang dengan lelehan keju yang tertarik panjang, dengan short ribsnya yang sangat empuk, sebuah gigitan yang sempurna. Short Ribs yang tersebar di pizza membuat kita penasaran, membuat kita melahap lagi, lagi dan lagi, dan tanpa kita ketahui, kita sudah menghabiskan 4 potong pizza. Mungkin kalau sedang sendiri ke Liberta memesan itu, mungkin saja bisa habis sendirian. Karena itulah rasa pizza italia yang sebenarnya, dimodernisasi dengan short ribs sebagai karya inovatif “Chef Yudhi”.

Sebagai makanan penutup tim Fashiondaily mencoba sebuah” inovasi dari Chef Agus Suherman”, “Chef Pattisserie” yang membuat tiramisu rasa buah-buahan yang diberi nama :


Fruiti Di Bosco Liberta Tiramisu
Tiramisu yang biasa kita makan adalah dengan aroma dan rasa kopi espresso yang kuat, beberapa lapisan lady finger dan ditaburi cocoa powder yang pahit. Namun disini Chef Agus melahirkan karya masterpiece juga, menghasilkan tiramisu yang beda dari yang lainnya. Pada lapisan pertama adalah “berry mousse” yang ditaburi “red velvet crumble”, lapisan kedua “mascarpone cheese” dan lapisan terakhir adalah “tuile” yang sangat renyah. Tunggu dulu, bukan hanya itu saja, sebagai unsur yang mengejutkan adalah ketika kita belah berry mousse-nya keluarlah molten berry saucenya yang terdiri dari “3 macam berry”, yaitu “raspberry”, “strawberry” dan “blueberry”, warna merah darah yang sangat menggoda dan menggiurkan yang rasanya sangat cocok saling melengkapi satu sama lain, ada manisnya, ada asamnya hingga ada unsur kerenyahan dari tuile-nya. Sebuah penutup yang menggugah selera dan sangat pas di lidah kita.

Hidangan ini akan terasa kurang lengkap jika tidak ditemani oleh “cocktail” buatan “Head Bar Asa Madani”, dengan “konsep astronomikal”, Head Bar Asa menghasilkan karya indah yang diberi nama “Libra Cocktail”, campuran jus mangga yang manis, rosemary sebagai pelengkap dan pewangi, whiskey liquor dan Jim Beam yang sangat cocok, rasa alkohol yang sangat seimbang dan tidak terlalu mendominasi rasa yang lainnya, ditambah dengan jasmine ekstrak dan vanilla.


Jenis minuman ini bisa dibilang “Daisy Cocktail”, di shake dengan indahny, lalu dituang ke gelas martini yang elegan yang pinggirannya menggunakan “mango powder”, diminum selagi masih dingin. Sebuah estetika yang “sangat well thought out” oleh Head Bar Asa. Tim fashiondaily terbawa menuju kesegaran rasa mangga yang tercampur dengan liquor dan wangi dari rosemary dan jasmine ekstrak pada setiap tegukannya. Rasa ini tidak bisa dipisah sendiri-sendiri, semua saling melengkapi, membuat pallete indera perasa kita menari-nari.
Overall, hanya 2 kata yang tim fashiondaily berikan untuk para chefs dan head bar Liberta, BRAVO & Inovatif. Sungguh sebuah pengalaman yang tidak terlupakan dan pastinya akan membuat kita ingin kembali datang lagi. Sebuah restoran dan beberapa jenis makanan dari pembuka hingga penutup yang tim fashiondaily bias rekomendasikan untuk para pembaca semua.

Profile :
Gestino R Roebianto adalah seorang food enthusiast, yang bakatnya di temukan oleh Tim Fashiondaily.id, mengawali karir sebagai seseorang sales di Industri media, tetap tidak menghilangkan minatnya terhadap dunia kuliner, berawal dari membantu sang nenek memasak pada masa kecil, Tino, Panggilan akrabnya, menjadi mengetahui secara detail proses memasak, membedakan rasa, memetakan bumbu masak berdasarkan fungsi dan baunya, mengetahui fungsi alat masak dan memakainya berdasarkan keperluan untuk memasak makanan berdasarkan jenisnya, yang pada akhirnya membentuk dirinya menjadi seseorang Food Enthusiast yang tidak hanya dapat memasak dan tetapi mempunyai lidah yang peka terhadap rasa.

Keahliannya mendefiniskan bumbu yang di pakai pada masakan juga menjadi kekuatan seorang Gestino R Roebianto, dalam menilai rasa dalam suatu makanan. Minatnya terhadap fotografi juga membantunya untuk menyempurnakan bakatnya sebagai seorang Food Enthusiast, walaupun masih dalam tahap pembelajaran, Tino, terus menempa dirinya untuk menjadi seorang food enthusiast yang tidak hanya mengerti dunia culinary, tetapi juga mengerti bagaimana mengambil angle yang tepat dalam memoto makanan. Berikut ini adalah quotes yang ia selalu pakai dalam kehidupannya “Life is too complicated, cooking doesn’t has to be keep it simple but not so simple”

Food Enthusiast : Gestino R Roebianto
Photographer dan Editor : Gestino R Roebianto

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Serena Williams Daftarkan Putrinya Alexis Olympia