Pesona Menawan Atlet Renang Asal Bali, Anak Agung Ratih Kania Atmaja

Kiprah Indonesia di dunia akuatik internasional mungkin masih dipandang sebelah mata. Namun , kini Indonesia memiliki sejumlah bibit muda potensial di dunia renang. Performa para atlet renang Indonesia saat ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Betapa tidak, para atlet renang Indonesia telah banyak mengukir prestasi menawan di kancah internasional. Salah satu atlet renang Indonesia yang memiliki segudang prestasi di dunia internasional adalah, Anak Agung Istri Ratih Kania Atmaja, yang merupakan atlet renang kebanggaan Indonesia. Di usianya yang masih sangat muda, ia berhasil mengharumkan nama bangsa, dengan beberapa prestasi di kancah internasional, seperti SEA Games dan Asian Games. Selain daripada itu, masih banyak lagi prestasi – prestasi yang berhasil ia torehkan dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia internasional. Berikut sekilas tentang Anak Agung Istri Ratih Kania Atmaja.

Perempuan yang akrab di sapa Kania ini, lahir di Kuta pada tanggal 28 Mei 1998. Ia adalah seseorang yang memiliki ambisi besar dalam mengahrumkan nama bangsa Indonesia di dunia akuatik internasional. Di usianya yang menginjak 22 tahun, Kania merupakan spesialis sprinter 50 meter gaya punggung, gaya bebas, dan gaya kupu – kupu. Dengan spesialisasinya tersebut, membuat ia sebagai tumpuan Indonesia untuk memperoleh medali di cabang olahraga renang. Menurut gadis yang memiliki kulit eksotis tersebut, sejauh ini prestasi yang di raih sudah cukup memuaskan. Ia pernah menyumbang medali perunggu nomor 50 meter gaya punggung pada SEA Games 2017, dan itu belum membuatnya puas.

“Semua orang tidak akan pernah merasa puas, tapi saya tetap menghargai apa yang sudah dicapai,” ujar Kania. “Saya mau lebih tinggi lagi. Sebelumnya sudah pernah mengikuti SEA Games dan Asian Games, mungkin kedepannya tampil di Olimpiade.”

Berbagai Prestasi Anak Agung Istri Kania Ratih Atmaja.

Pada kejuaraan Renang Provinsi (Kejurprov) tahun 2014 yang diadakan di stadion Renang Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Kania Berhasil mencapai dua limit waktu yang berbeda. Dia mencapai limit B pada nomor 200 meter gaya punggung putrid, kelompok umur 1 setelah mencatatkan waktu 2 menit 32,02 detik. Selain itu, Kania juga berhasil mencapai limit B yang ditentukan oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) DKI Jakarta. Dengan waktu yang berhasil dia catatkan adalah 3 menit 4,60 detik. Pada waktu sebelumnya, Kania juga pernah mencapai hasil yang lebih baik saat mencapai limit A pada renang gaya punggung 100 meter cabang putrid. Saat itu ia berhasil mencapai garis finish pada posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 7,83 detik.

Pada kejuaraan renang (KRAPSI) yang ke – 35, Desember 2013, Kania juga menjadi juara pada kelompok umur 2 kelas putri, dan berikut adalah beberapa perlombaan yang sudah berhasil dimenangkan oleh Anak Agung Istri Kania Ratih Atmaja :

• Medali Emas di nomor 50 meter gaya bebas PON XIX Jawa Barat 2016.
• Medali Perak di nomor 100 meter gaya punggung Putri POMNAS XV 2017.
• Medali Perunggu di nomor 50 meter gaya punggung SEA Games 2017.
• Medali Emas di nomor 50 meter gaya bebas POMNAS XVI 2019.
• Medali Emas di nomor 50 meter gaya kupu – kupu POMNAS XVI 2019.
• Medali Emas di nomor 50 meter gaya punggung POMNAS XVI 2019.
• Pemegang Rekor Nasional 50 meter gaya bebas di POMNAS XVI 2019.
• Pemegang Rekor Nasional 50 meter gaya kupu – kupu di Singapore 2018.
• Medali Emas di nomor 50 meter gaya kupu – kupu Jakarta Open 2019.
• Medali Perak di nomor 50 meter gaya punggung Jakarta Open 2019.

Anak Agung Istri Kania Ratih Atmaja Adalah Seseorang Yang Mencintai Dunia Olahraga.

Sebelum terjun ke dunia renang, putrid kelahiran Pulau Bali ini juga sempat mencoba beberapa olahraga seperti karate. Sebelum akhirnya ia menggeluti renang karena motivasi dan dorongan dari kakek dan orangtuanya. Sejak kecil Kania sudah aktif di dunia renang, karena di lingkungan tempat ia tinggal, di Bali banyak sekali dikelilingi oleh pantai yang sangat mendukung prosesnya untuk menjadi atlet renang yang hebat hingga sekarang. Dengan memiliki postur yang tinggi dan berbidang, menggambarkan ia adalah orang yang memiliki ketekunan di dunia olahraga. Menurut Kania, tuntutan situasi menjadi salah satu kunci dirinya untuk terus menggeluti renang.

“Saya membuat pilihan saat umur 14 tahun karena keluarga harus menata dan memilih setelah ayah tidak ada,” ujar Kania. “dan saya memilih tetap berenang karena senang. Dan itu membuat saya harus bertanggung jawab atas pilihan tersebut.”

Pesona Menawan Atlet Renang Bali, Yang Juga Menyukai Dunia Fashion Tanah Air.

Berbagai macam prestasi yang berhasil diraih oleh Kania, adalah hasil dari latihan berat yang sudah ia lakukan, bukan semata – mata karena ia beruntung atau dari sesuatu yang instan. Kania yang memiliki wajah cantik nan eksostis ini, juga memiliki ketertarikan di dunia fashion tanah air, dengan ketertarikannya tersebut, Kania juga kerap menjalani kesehariannya sebagai fashion model. Di sela – sela rutinitas latihannya, Kania juga sering menerima endorsement dari beberapa brand fashion lokal. Hal ini juga sebagai – bagian ketertarikannya di dunia fashion tanah air.

“Ya kita sebagai atlet, public figure, juga dituntut untuk berpenampilan menarik setiap harinya, makanya aku juga ga pernah malu, ketika ada beberapa brand fashion lokal, yang mau ngajak aku kerja sama. Itu kan juga sebagai dukungan aku kepada dunia fashion tanah air.” Ujar gadis cantik kelahiran Kuta tersebut.

Kania juga sangat aktif di jejaring sosial media, di akun pribadi miliknya, unggahannya juga bisa ditemui di akun @pocahontaskania. Followernya mencapai 30 ribu lebih. Ia juga sering membagikan beberapa kegiatan sehari – harinya. Mulai dari aktivitas renangnnya, aktivitas santainya, dan juga beberapa postingan kerap memperlihatkan Kania berofoto dengan hewan – hewan lucu, seperti anjing dan kucing. selain memiliki kecintaan terhadap dunia renang, menyukai dunia fashion tanah air, seorang Kania juga memiliki perhatian khusus terhadap hewan – hewan lucu, yang menjadikan dia memiliki pesona yang menawan sebagai salah satu Putri Air Indonesia. (AgungRai.TheFashionDaily.111120)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Gaji Para Super Hero