“Aku Belum Siap”, Apa Maksudnya? (Man Point of View)

Apa keluhan seperti ini sering kalian dengar ? “Sepertinya dia orang yang tepat untuku , dia menyatakan bahwa sangat mencintaiku, tapi dia berkata bahwa belum siap untuk melangkah lebih jauh, jadi apa sebenarnya yang dia inginkan?” Banyak wanita mendengar hal ini, baik dari teman mereka sendiri maupun langsung dari pasangan mereka, dan banyak juga yang bingung pada akhirnya.

Terkadang pernyataan ini bisa jadi cukup membingungkan dan sulit diterima terutama untuk para wanita, tapi sebaliknya untuk para lelaki, mereka menganggap “aku belum siap” adalah sesuatu yang sangat wajar dalam sebuah hubungan, bahkan sebagian lelaki menjadikan ini cara menghindar untuk hubungan yang lebih serius.

3 hal yang biasanya dijadikan alasan para lelaki adalah :

Takut Gagal

Biasanya, para lelaki cendurung tidak takut untuk memulai suatu hubungan, tapi ketika melangkah maju lebih dalam atau ke jenjang yang lebih tinggi. Tradisi dan kebiasaan dimana lelaki menjadi sosok “pelindung dan penyedia” atau “One Man Show” menjadi salah satu faktor yang mendukung alasan ini, ketika dia berkata “aku belum siapa” bisa jadi dia belum yakin sepenuhnya untuk ini. Kita tidak suka gagal, apalagi sebagai suami dan ayah. Jika dirasa belum siap dari sisi manapun (finansial, mental dan waktu), kita akan cenderung menahan langkah lebih jauh untuk menghindari kegagalan, dan biasanya para wanita akan membuatnya lebih buruk dengan terus bertanya “Jadi kapan mau nikahin aku?”.

Semakin kalian bertanya “Kapan?” “Gimana kita?” “Mau ke orang tua aku kapan?” dan akhirnya kita menyatakan “aku sudah siap”, sebagain lelaki sebenarnya dalam posisi bertanya pada diri sendiri tentang kesiapan mereka, hal seperti ini sangat tidak nyaman untuk masa depan hubungan.

Belum Punya Rencana yang Pasti

Tidak ada yang suka dengan perasaan gundah dan tidak tenang menduga – duga tentang masa depan, kecemasan dan panik karena hal yang belum pasti ditambah lagi dengan kesibukan lain seperti karir dan masalah pribadi yang dihadapi sekarang, semakin menambah kecemasan untuk hal ini dimana fokus dalam hubungan sangat mungkin terganggu.

Seperti halnya ketika sekolah “Ga mau pacaran dulu ah, mau fokus kuliah biar cepet selesai”, berlanjut saat kerja “Mau fokus ke karir dulu, pacaran bisa nanti setelah sukses, cicilan masih banyak, tabungan belum cukup” dan sebagainya. Jangan dulu berpikiran negatif tentang alasan ini, menggabungkan fokus antara hubungan dan pekerjaan bisa menjadi hal yang sangat sulit, tapi ketika dia sudah bisa memutuskan untuk berkomitmen dengan yakin, bisa jadi dia sudah menemukan cara sendiri untuk mengatasi hal ini, dengan kata lain persiapan yang sudah matang.

Seperti kebanyakan orang, para lelaki cenderung tidak suka setengah – setengah dalam hal ini. Sebelum dia memutuskan untuk melangkah lebih jauh dalam hubungan tanpa ragu, keraguan untuk alasan ini harus segera diselesaikan terlebih dahulu.

Belum Siap Berumah Tangga

Banyak lelaki memiliki pandangan berbeda dalam menjalankan rumah tangga, meskipun kita bisa melakukan banyak hal bersama nantinya, tinggal satu atap adalah suata hal lain untuk kebanyakan lelaki dari sekedar bersama setiap waktu.

Merubah “Aku” menjadi “Kita” bukanlah hal yang mudah untuk kebanyakan lelaki, banyak juga dari kita yang mau mencoba terlebih dulu dan banyak juga yang tidak berani mengambil resiko ini karena alasan di atas. Ketika lelaki mengatakan “Aku Belum Siap”, alangkah baiknya jika kita melihat ini dari sudut pandang orang tersebut tanpa menutup mata dari sudut pandang kita juga, setiap orang mempunya alasan beragam dan setiap orang memiliki kondisi yang berbeda dari mulai finasial, mental dan waktu.

Berikan dia waktu sejenak untuk berpikir dan menyelesaikan urusan telebih dahulu, tetap beri batasan waktu karena kalian para wanita juga tidak bisa menunggu selamanya bukan? Untuk sebagian orang, memutusukan komitmen dalam waktu dekat atau cepat bisa menjadi hal yang cocok untuk mereka, sebagian lagi perlu waktu lebih banyak dan itu tidak mengapa, jika kalian tetap percaya dan yakin bahwa dialah orangnya dan sebaliknya, dia juga memberikan bukti dari perkataannya secara perlahan tapi pasti, kalian akan menemukan kebahagiaan bersama untuk masa depan nantinya.

Writer Profile : Yudha Manggala Putra

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Lee Min Ho Main “Pachinko”