Perfetktur Hokkaido (Part Two)

Hi food lovers, sekarang kita mendapat sebuah kehormatan untuk mencoba Chef’s roll sushi, namanya Rainbow Roll Sushi. For those of you who loves sushi, I would suggest the Full one instead the half one, karena variannya terdiri dari Aburi Salmon and Ikura Oyako, Wagyu Roasted Beef with Truffle sauce sushi dan terakhir Ebi Tempura Roll sushi, hingga semua varian Hoso Maki, mulai dari Tekka Maki, Salmon Maki, Tuna Mayo Maki, Kani Mayo Maki hingga Tamago Maki.

Apa bedanya sih antara Roll Sushi dengan Maki Sushi?

Jadi gini, nasi sushi yang dibungkus dengan nori dan ada isian dalamnya itu yang biasa disebut Maki Sushi, bentuknya lebih kecil dari sushi biasa, sedangkan sushi itu sendiri standardnya adalah nasi sushi yang digulung dengan tangan dengan berbagai macam topping diatasnya. Jaman sekarang sushi dan maki sushi berevolusi sesuai dengan kreasi sang chef dan atau sesuai dengan yang sedang trend di masyarakat. Atau yang biasa kita sebut fusion sushi. Simple kan membedakannya?

Nah sekarang cara makannya, biasanya disediakan kecap asin dan wasabi di meja makan kita, disediakan juga piring kecil yang sangat datar, namun cara makan sushi yang benar adalah seperti ini, ambil wasabi secukupnya ( sedikit sekali saja agar tidak terlalu pedas ) menggunakan sumpit, lalu cocol sedikit saja kedalam kecap asin yang sudah kita tuang ke piring kecil tersebut. Mungkin anda akan bertanya, bukannya wasabinya dicampur aduk dengan kecap asinnya? Tidak, itu salah. Kenapa? Ini penjelasannya…

Maki sushi dan sushi biasa dinikmati hanya dengan sedikit wasabi dengan sedikit cocolan kecap asinnya agar, 1. Rasa segar dari sashimi ( daging ikan segar atau udang matang atau apapun yang menjadi toppingnya ) masih terasa dan dengan rasa wasabi yang pedas menghilangkan rasa amis dari sashimi itu sendiri, sementara rasa asin dari kecap asinnya hanya untuk membantu menambah rasa indra pengecap lidah kita. Jadi jika sushi kita “cebur”kan kedalam campuran kecap asin dan wasabinya yang kita rasakan hanyalah rasa asin yang mendominasi di lidah. You will lose all the freshness taste of the sashimi.

Disini sang maestro mengkreasi sebuah masterpiece sushi roll menggunakan bahan-bahan tersegar dari prefektur Hokkaido dengan keahliannya beliau. Trully a masterpiece.

Selain hoso maki dan roll sushi tim fashiondaily juga berkesempatan untuk mencoba sashiminya. Nah, inilah kesempatan kita untuk benar-benar merasakan kesegaran rasa ikan lautnya in it’s true form. Tanpa nasi sushinya, murni hanya daging ikan segar saja. It’s fresh, it’s juicy, it melts in your mouth.

Terlihat jelas keahlian sang maestro memotong ikan dan men – “debone” ikannya. Sangat presisi, sangat sempurna. Ada Maguro, Toro Salmon, Ikura ( salmon roe ) dan Hokkaido Nama Uni ( landak laut ). Seperti apa sih rasa landak laut itu? Hmmm…. Kental seperti krim, tapi manis, lama kelamaan lumer di mulut. Rasa yang unik tapi worth the try. Tidak semua restoran menyediakan landak laut ini, selain harus diimport juga harganya cukup mahal, buat yang sangat menyukainya rela menunggu lama jika memang sudah musimnya. Seperti apa sih bentuknya? Landak lautnya itu sendiri bentuknya sepeti bola dengan duri panjang tajam berwarna hitam, jika dibelah dua, terlihat bentuk dagingnya berwarna kuning, nah itu lah yang digunakan. Bagaimana cara makan sashimi yang benar? Sama seperti makan sushi yang tadi saya jelaskan. Patut anda coba, anda akan merasakan kenikmatan kesegaran daging ikan laut tersebut.

Dan yang terakhir, the piece de resistance is the Hon Maguro. Ikan Bluefin tuna yang diimport langsung dari prefektur Hokkaido, dimasak di Hibachi grill menggunakan arang. Keistimewaan dari ikan Bluefin tuna ini adalah mempunyai lemak yang lebih banyak daripada tuna lainnya namun meleleh pada suhu ruangan tapi ada juga rasa manisnya. There is just this one note that you will find in this fish. A single note that really sings. Ditemani dengan beberapa condiment disampingnya sebagai cocolan tambahan membuat rasa ikan Bluefin tuna ini semakin sempurna. Hijō ni oishī. A really must try dish and highly recommended.

Sekali lagi saya hanya dapat mengatakan bahwa Hokkaido Izakaya Jakarta sebuah restoran Jepang otentik yang patut dicoba, mulai dari sushi, maki sushi, wagyu hot pot, milk Dashimaki, hingga Hon Maguro yang menurut saya sangat lezat. Rasa cinta terhadap bahan-bahan hingga keahlian sang maestro Chef Hiroshi Koizumi terpancar pada semua masakannya. Terima kasih sekali lagi kepada Chef Hiroshi dan seluruh timnya yang telah bersusah payah membuat hidangan yang luar biasa hebatnya. Bravo.

Profile :

Gestino R Roebianto adalah seorang food enthusiast, yang bakatnya di temukan oleh Tim Fashiondaily.id, mengawali karir sebagai seseorang sales di Industri media, tetap tidak menghilangkan minatnya terhadap dunia kuliner, berawal dari membantu sang nenek memasak pada masa kecil, Tino, Panggilan akrabnya, menjadi mengetahui secara detail proses memasak, membedakan rasa, memetakan bumbu masak berdasarkan fungsi dan baunya, mengetahui fungsi alat masak dan memakainya berdasarkan keperluan untuk memasak makanan berdasarkan jenisnya, yang pada akhirnya membentuk dirinya menjadi seseorang Food Enthusiast yang tidak hanya dapat memasak dan tetapi mempunyai lidah yang peka terhadap rasa.

Keahliannya mendefiniskan bumbu yang di pakai pada masakan juga menjadi kekuatan seorang Gestino R Roebianto, dalam menilai rasa dalam suatu makanan. Minatnya terhadap fotografi juga membantunya untuk menyempurnakan bakatnya sebagai seorang Food Enthusiast, walaupun masih dalam tahap pembelajaran, Tino, terus menempa dirinya untuk menjadi seorang food enthusiast yang tidak hanya mengerti dunia culinary, tetapi juga mengerti bagaimana mengambil angle yang tepat dalam memoto makanan. Berikut ini adalah quotes yang ia selalu pakai dalam kehidupannya “Life is too complicated, cooking doesn’t has to be keep it simple but not so simple”

Food Enthusiast : Gestino R Roebianto
Photographer : Gestino R Roebianto
Photo Editor : Gestino R Roebianto

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Friends Edisi Reuni Tertunda