Kolaborasi Prada X Adidas, Rilis Sepatu Berlayar

Jelang akhir tahun beberapa merek merilis produk terbarunya. Seperti yang dilakukan Prada dengan Adidas.

Kedua brand itu berkolaborasi menghasilkan sneaker dengan desain futuristik. Memiliki nama A + P Luna Rossa 21, sneaker tersebut dikabarkan bakal mulai tersedia pada 9 Desember mendatang.

Desain sneaker ini terinspirasi dari bentuk perahu AC75 Luna Rossa yang akan digunakan oleh tim layar Luna Rossa Prada Pirelli.

Oleh karenanya, ada dua versi sneaker yang disiapkan. Yang pertama adalah sneaker yang cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sedangkan lainnya didesain untuk dipakai oleh tim dalam lomba tersebut.

“Sejak awal kolaborasi dengan Adidas sangat menarik. Ternyata kami memiliki jenis pendekatan yang sama dalam hal pengembangan produk,” ungkap Lorenzo Bertelli selaku kepala CSR dan pemasaran Prada Group.

Dia menambahkan, mulanya kolaborasi pembuatan sneaker ini memang berawal dari kebutuhan tim Luna Rossa Prada Pirelli.

Tim membutuhkan sepatu dengan gaya baru yang terbuat dari bahan inovatif dan berkelanjutan. Selain itu, sepatu juga perlu memiliki detail khusus yang dirancang untuk para pelaut.

Sekadar informasi, Prada mendirikan tim layar Luna Rossa pada tahun 1997. Tim ini telah berpartisipasi di Piala Amerika selama lebih dari dua dekade.

Sementara Adidas memiliki komitmen untuk ikut mendukung pencapaian di bidang olahraga. Merek pakaian olahraga ini juga ikut berpartisipasi di Piala Amerika antara tahun 2005- 2007.

Lorenzo mengatakan, “Secara strategis, kolaborasi seperti ini selalu mengarah pada eksplorasi kemungkinan dan ide baru. Malah dapat menjadi produk yang mutakhir.”

Sementara itu, manajer umum Adidas Originals Torben Schumacher mengatakan, sebelum proyek kolaborasi ini mereka sudah ingin terlibat dengan tim Luna Rossa Prada Pirelli.

“Kami mencoba berinovasi untuk menyesuaikan produk. Selama proses pembuatan, tim desain kami bekerja sama dengan atlet Luna Rossa Prada Pirelli, meminta pendapat mereka untuk menghasilkan sepatu yang meningkatkan kinerja,” jelas Torben.

Hasilnya, sneaker terbaru ini sangat transversal dan memiliki kesamaan dengan sneaker ikonik yang diluncurkan Prada pada 1997.

Akhir tahun 90-an dan awal 2000-an, Prada memang sukses dengan sepatu kets America’s Cup. Sepatu itu memiliki kode produk PS0906 dan dijuluki Prada America’s Cup.

“A + P Luna Rossa 21 merupakan sepatu teknis untuk mereka yang ingin mencoba olahraga ekstrem. Tetapi berkat desainnya yang unik dan modern, sepatu ini bisa digunakan sehari-hari,” kata Lorenzo.

Pengembangan sneaker terbaru ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Khusus untuk proses desainnya saja memakan waktu lebih dari setahun.

Kemudian masih ada beberapa tahapan lagi. Mulai dari eksplorasi arsip hingga pengerjaan dan pembuatan prototipe.

Pendekatan keseluruhan dilakukan guna memastikan sneaker memiliki kinerja yang baik. Terlebih sneaker didesain sebagai perpanjangan alami dari tubuh atlet.

Sneaker ini memiliki tampilan dan taste ramping yang ringan. Saat dipakai, ia memiliki stabilitas dan cengkeraman yang sama seperti tanpa alas kaki.

Selain itu, A + P Luna Rossa 21 terbuat dari bahan berkelanjutan yang ramah lingkungan. Kedua pihak memang memiliki nilai fundamental keberlanjutan yang kini diterapkan dalam setiap proyek.

Bagian atas sneaker terdiri dari Primegreen yakni serangkaian bahan daur ulang berkinerja tinggi. Sedangkan untuk kulit luarnya menggunakan E-TPU hidrofobik yang memberikan penyangga fleksibel dan mencegah air masuk ke sepatu.

Bagian lidah EVA pada sepatu didesain secara ergonomis dan bantalan bagian dalam berbahan sintetis. Sneaker juga berlubang agar cocok dipakai berlayar.

Selain itu, sneaker memiliki midsole Boost berlubang dan outsole yang melingkar. Desain ini dirancang untuk memberikan perlindungan dari air, daya tahan, dan kebebasan bergerak.

Ada pula tali kecil di bagian bawah dan tali lebih lebar di bagian atas. Desain ini ditujukan guna mencegah simpul yang diikat terlepas selama kompetisi.

Terakhir, sepatu dikemas dalam kotak co-branded yang dibungkus dengan kantung tahan air.

Sneaker akan dibanderol dengan harga 550 euro atau setara Rp 9,3 juta dan bisa didapatkan di butik Prada dan flagships Adidas di seluruh dunia, serta akun grosir tertentu. Kurnia Prawitasari/fashiondaily.id/05122020

Artikel: www.wwd.com
Images: Hypebeast

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Bila Gunung Menenangkan, Maka Pantai Menyenangkan – PANTAI MLARANGAN ASRI