“STONEHENGE” Selfie Di Antara Bebatuan Sisa Erupsi Gunung Merapi

Selfie menjadi salah satu kebutuhan mutlak saat travelling. Pasca erupsi Merapi di 2010, banyak tempat wisata baru yang dibuat atau yang alami banyak dikunjungi para wisatawan. Stonehenge menjadi salah satu pilihan selfie terfavorit di kawasan kaki Gunung Merapi. Sudah banyak yang tahu apabila struktur bebatuan di Stonehenge Merapi ini mirip dengan Stonehenge di Inggris.
Stonehenge sendiri menjadi salah satu warisan dunia di Inggris yang dibangun pada masa Perunggu dan Neolitikum yang berupa kumpulan batuan alami membentuk lingkaran. Dan di Indonesia tepatnya di Sleman Yogyakarta inilah dibuat replikanya. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk berselfie ria.

Berlatar Gunung Merapi yang hanya berjarak sekitar 7km, menjadi daya tarik tersendiri. Walaupun Stonehenge di Jogja ini adalah buatan, namun terkesan natural karena terbuat dari bebatuan sisa erupsi Merapi. Didukung cuaca yang sangat cerah pada pagi hari, maka foto yang ditampilkanpun akan sangat iconic dengan latar Gunung Merapi. Inilah daya tarik Stonehenge Jogja yang membedakan dengan Stonehenge Inggris yang berada di padang rumput luas.

Berada dalam kawasan Merapi, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, lokasi yang dulunya merupakan tempat tinggal pribadi, Stonehenge di sulap oleh warga menjadi kawasan wisata dan dibuka pada akhir Januari 2017 untuk kembali mengangkat perekonomian warga sekitar. Luas kawasan ini sekitar 200meter persegi dengan bebatuan setinggi kuranglebih 4meter. Stonehenge juga banyak di manfaatkan sebagai lokasi prewedding beberapa pasangan muda, dengan membayar 150ribu rupiah area Stonehenge nantinya dikondisikan tidak terganggu lalu lalang pengunjung lainnya selama sesi foto prewedding. Sementara tiket masuknya @15ribu termasuk biaya parkir dengan tempat parkir yang sangat luas ditambah fasilitas yang ada didalam kawasan ini cukup lengkap ada toilet, mushola dan kantin.

Selain Stonehenge, buat kalian yang berada di lokasi wisata Merapi, bisa singgah di kopi Merapi sambil menikmati panorama dan hawa sejuk kaki Gunung Merapi.
Kami merekomendasikan untuk singgah ke sini sejak pagi hari saat jam buka pukul 07.00, karena pada waktu ini suasana masih sangat sejuk dan cerah sehingga jelas latar gunung Merapi yang indah belum tertutup awan.
(DiahRestu, fashiondaily.id , 11Desember2020)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Kolaborasi Teranyar Asics