Menikmati Sore Yang Seru Sepanjang Jalan Jogokariyan Selama Bulan Ramadhan

Menjadi tradisi sejak 18 tahun yang lalu, Kampung Ramadhan Jogokariyan menjadi kegiatan yang tidak pernah terlewatkan di setiap bulan Ramadhan tiba. Sebuah tradisi menyambut bulan Ramadhan ini dengan ciri khas-nya ngabuburit sore menjelang waktu berbuka puasa bagi umat muslim.Kampung Ramadhan Jogokariyan ini lengkap dengan kegiatan menarik di inti lokasinya yaitu Masjid Jogokariyan. Tak hanya menyediakan menu takjil untuk banyak porsi (sekitar 3000 porsi), di setiap harinya ada banyak kegiatan keagamaan yang diadakan untuk menambah keimanan dan ketakwaan muslimin dan muslimat. Jadi, akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja apabila mengunjungi Kampung Ramadhan Jogokariyan namun tidak singgah ke Masjidnya.

Tahun ini, para peserta/pedagang takjil (makanan untuk berbuka puasa) memenuhi seluruh ruas jalan Jogokariyan sampai bersambung ke arah Pondok Pesantren Krapyak. Antusias warga serta para pengunjung pun tak dapat terbendung. Beraneka ragam takjil yang tersedia baik yang kekinian maupun yang standar atau bahkan makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia menjadi pilihan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Menariknya, tidak hanya umat muslim, adanya Kampung Ramadhan Jogokariyan ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh pengunjung agama lainnya untuk sekedar memeriahkan atau sekedar jajan aneka macam takjil yang tersedia.

Terletak di sepanjang Jalan Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Yogyakarta, berada di sisi selatan tak jauh dari Alun-Alun Kidul (ALKID), Kampung Ramadhan Jogokariyan menawarkan suasana suka cita yang khas dan selalu semarak. Tiba saat berbuka puasa, keseruan pun makin terasa, dimana dari titik Masjid, pengunjung membludak sampai ke jalan. Rupanya tradisi piring terbang yang sudah ada dari dulu inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Secara otomatis, baik dari pihak pengelola Masjid ataupun para pedagang yang lapaknya lebih dekat dengan Masjid akan menggelar tikar di sepanjang jalan. Siapapun yang bersiap buka puasa, akan duduk di tikar dengan siapapun disana baik kenal ataupun tidak dan tanpa sungkan akan berbagi makanan takjil yang mereka beli disana. Bahkan buat yang tidak kebagian tempatpun, mereka dengan santai-nya ngemper/duduk dipinggir jalan tanpa alas atau menyediakan alas masing-masing.

Masih ada keseruan lainnya dari Kampung Ramadhan Jogokariyan yang bisa dinikmati sambil jalan-jalan sore menunggu waktu buka puasa. Pun terbuka untuk siapa saja yang hendak menikmati sore disini. (Diah Restu, April 2022)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Berawal dari Seorang SPG, Antarkan Utet Siregar Sukses Mencapai Titik Karir Sebagai GM Sales & Marketing Cosmos Home Appliances