Mengenal Sejarah Jawa Terlengkap Di Museum Sonobudoyo Jogjakarta

Berada disekitar titik 0 kilometer kota Yogyakarta, Museum Sonobudoyo menjadi salah satu saksi perkembangan seni dan budaya yang tersimpan rapi sampai sekarang. Berada di kawasan Alun-Alun Utara Jogja didalam lingkungan Kraton Ngayogyakarta, Museum Sonobudoyo didirikan sebagai wadah atau ruang seni budaya jawa yang kemudian di kelola oleh Dinas Kebudayaan Yogyakarta. Benda-benda sejarah yang tersimpan didalam museum ini memiliki nilai budaya ilmiah yang selanjutnya dikembangkan untuk bimbingan edukatif kultural.

Diresmikan pada tahun 1935 , Museum Sonobudoyo awalnya adalah yayasan yang bergerak dibidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Di museum ini banyak koleksi benda sejarah seperti Geologika, Etnografika, Historika, Senirupa, dll. Kesemuanya itu bisa di nikmati di sepanjang ruang pamer yang ada, diantaranya Ruang Wayang, Ruang Senjata, Ruang Topeng, Ruang Batik, Ruang Ukir, Ruang Maenan, Ruang Prasejarah, dan Ruang Bali.

Menariknya, tidak hanya berisi tentang koleksi benda sejarah, namun juga pagelaran pertunjukan yang digelar setiap malamnya dimulai pukul 20.00 WIB (kecuali hari senin karena tutup). Itupun bermacam-macam seperti: Pagelaran Wayang Kulit setiap hari selasa, Pagelaran Kesenian Kerakyatan setiap hari rabu dan kamis, serta Pagelaran Wayang Topeng Panji setiap hari jumat-minggu. Dan tak ketinggalan juga ada Bioskop Museum Sonobudoyo setiap harinya yang dibagi menjadi 4 sesi penayangan tiap jam yang dimulai dari jam 16.00 WIB.

Identiknya museum dengan cerita lama, masa penjajahan atau cerita kerajaan pada abad lalu, menjadi daya tarik lainnya yang tak banyak peminatnya. Namun Museum Sonobudoyo menyajikannya dengan lengkap. Tak hanya benda sejarah yang menjadi bukti, tersedia juga perpustakaan yang berisi Koran, buku, majalah serta beberapa karya tulis lainnya dalam bentuk naskah cetak maupun manuskrip seperti babad Tanah Jawa dan Babad Diponegoro. Bahkan ada juga naskah berbentuk daun lontar. Menariknya lagi, naskah manuskrip sudah didigitalisasi sehingga memudahkan pencarian dan membaca dalam komputer.  Untuk perpustakaan ini berbeda dengan jam oprasional museum karena hanya buka pada hari senin-kamis buka dari 08.00-15.30 dan jumat 08.00-14.00.

Jika ingin berkunjung melihat ruang pamer serta perpustakaan pastikan datang diantara hari Selasa-Jumat, anda bisa menikmatinya seharian di Museum Sonobudoyo. (Diah Restu, April 2022)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Vivo X50 Terbaru Dari Vivo; Andalkan Extreme Night Vision