6 Makanan untuk mengurangi stres dan menyehatkan tubuh Anda

Kita dapat dengan aman mengatakan bahwa stres dalam hidup kita meningkat secara eksponensial dan kita menemukan cara untuk menghilangkan stres, mungkin dengan melakukan hobi atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Namun, ada beberapa makanan sehat dan bergizi yang dapat Anda miliki untuk menghilangkan stres dan tingkat keparahan depresi. Di bawah ini adalah 6 makanan yang Dr Archana Batra, ahli gizi Diet, Fisioterapis menyarankan untuk mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol Anda – terkait dengan siklus tidur Anda, peradangan, kadar gula darah, dan tekanan darah, sambil menambahkan nutrisi ke tubuh Anda sebagai dengan baik.

Teh Chamomile

Ada bukti yang menyatakan manfaat obat dari chamomile, seperti penurunan stres yang terlihat dan peningkatan tidur nyenyak pada individu. Secangkir teh chamomile hangat memberikan efek menenangkan yang melemaskan saraf Anda dan melepaskan simpul stres di tubuh Anda. Teh chamomile telah menunjukkan efek relaksasi pada kram dan nyeri haid, dan mengobati beberapa masalah pencernaan seperti mual dan kembung. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu Anda dengan sakit perut dan diare.

Peterseli

Peterseli diperkaya dengan antioksidan dan vitamin K yang membantu pembekuan darah ketika ada memar atau luka pada kulit, dan juga berkontribusi pada kepadatan tulang. Peterseli juga kaya akan vitamin C yang mengurangi stres oksidatif dan mengurangi gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Antioksidan mengurangi risiko penyakit kronis seperti beberapa jenis kanker dan mengendurkan otot. Daun peterseli dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda dengan menambahkannya ke salad dan sup. Anda juga dapat menikmati secangkir teh peterseli hangat.

Bluberi

Buah beri kaya akan antioksidan flavonoid dan fitonutrien yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Antioksidan yang ada dalam blueberry melawan kolesterol ekstra yang akhirnya teroksidasi dalam tubuh kita. Kontrol kadar kolesterol memastikan bahwa Anda tidak rentan terhadap penyakit jantung. Blueberry juga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung. Ini membantu meningkatkan produksi oksida nitrat yang mengurangi tekanan di pembuluh darah dan melemaskan otot. Sehingga, juga mengurangi risiko diabetes.

Omega 3

Omega-3 adalah nutrisi penting dalam mencegah dan mengelola banyak penyakit jantung. Ini juga menurunkan tekanan darah, peradangan, dan detak jantung yang tidak normal. Omega-3 juga telah ditemukan efektif dalam mengurangi efek depresi dan stres pada manusia. Cara paling efisien untuk mengonsumsi omega-3 adalah melalui ikan berlemak, tetapi jika Anda seorang vegan atau vegetarian, ada banyak suplemen lain yang dapat Anda pilih seperti alpukat, biji rami, biji chia, minyak zaitun, kenari, dan kedelai.

Ubi jalar

Ubi jalar dikemas dengan vitamin B dan C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Ini mempromosikan sistem pencernaan yang sehat dan membangun kekebalan untuk melawan berbagai penyakit. Ubi jalar juga bermanfaat untuk mata Anda. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat yang baik dalam tubuh kita, jadi ketika Anda merasa ingin makan stres atau mengonsumsi karbohidrat atau permen, Anda dapat memilih ubi jalar. Ubi jalar adalah cara yang sehat untuk mengisi perut Anda dan serat yang ada di dalamnya memastikan pemecahan pati yang ada di dalamnya secara perlahan dan stabil sehingga Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan tidak berakhir mengemil atau mengunyah makanan olahan.

Coklat hitam

Jika Anda menyukai makanan manis atau tiba-tiba sangat menginginkan sesuatu yang manis, jadikan cokelat hitam sebagai pilihan Anda. Banyak orang mengalami dorongan untuk makan di bawah banyak stres dan mereka akhirnya mengonsumsi permen dan keripik yang menambah kalori yang tidak perlu ke tubuh mereka. Cokelat hitam terkenal dengan karakteristik antioksidan dan pengurangan stres. Menggabungkan sebagian kecil cokelat hitam di hari Anda, katakanlah 50-60 gram, dapat sangat membantu Anda mengatasi kecemasan, meningkatkan memori, dan meningkatkan aliran darah di pembuluh darah Anda untuk membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

Cara terbaik untuk mengontrol tingkat stres Anda adalah dengan mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang, kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak esensial, dan daging tanpa lemak seperti ikan dan unggas. Makanan yang anti-inflamasi membantu Anda mengendurkan saraf dan otot dan mengurangi kadar kortisol dalam tubuh Anda. Stres juga dapat dikelola dengan mengikuti gaya hidup sehat dan memprioritaskan peristiwa yang terjadi dan akan terjadi dalam hidup Anda.

Source : Pinkvilla

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Vivo X50 Terbaru Dari Vivo; Andalkan Extreme Night Vision