Hari Kebersihan Menstruasi: 5 Hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan menstruasi tetap terkendali

Menstruasi adalah salah satu proses yang paling penting dari tubuh wanita yang membutuhkan perhatian yang tepat dan perawatan khusus untuk memastikan kesejahteraan yang sehat. Tidak salah untuk mengatakan bahwa menstruasi kadang-kadang bisa berantakan dan oleh karena itu mematuhi praktik kebersihan yang baik sangat penting untuk mengurangi risiko ruam, infeksi, penyakit, dan bahkan masalah reproduksi. Sementara setiap wanita mengatasi rasa sakit, ketidaknyamanan dan sanitasi yang berhubungan dengan menstruasi dengan caranya sendiri, berikut adalah beberapa hal dasar untuk kebersihan menstruasi yang baik yang harus Anda lakukan.

Sementara setiap wanita mengatasi rasa sakit, ketidaknyamanan dan sanitasi yang berhubungan dengan menstruasi dengan caranya sendiri, berikut adalah beberapa hal dasar untuk kebersihan menstruasi yang baik yang harus Anda lakukan.

Sering-seringlah Mengganti Pembalut anda

Pastikan untuk sering mengganti pembalut, tampon, atau cangkir menstruasi setelah setiap 4 hingga 6 jam. Bahkan jika aliran Anda tidak terlalu banyak, darah menstruasi dapat terkontaminasi dengan organisme asli tubuh, dan oleh karena itu mengganti pembalut atau tampon secara berkala cukup penting. Ini juga membantu dalam menjaga ruam kulit pergi. Tinggal di pad yang sama untuk jangka waktu yang lebih lama dapat membuat Anda rentan terhadap berbagai infeksi kulit, gatal, iritasi atau bahkan ruam.

Cuci area kewanitaan Anda dengan benar

Saat merawat pembalut atau tampon, jangan lupa untuk memperhatikan pembersihan vagina secara lembut agar area dan sekitarnya tetap bahagia. Menurut para ahli, tidak ada solusi khusus yang diperlukan untuk membersihkan vagina karena merupakan bagian pembersihan diri. Mencuci dengan air biasa bekerja paling baik: Ini tidak hanya membuat vagina Anda bersih dan segar, tetapi juga menyelamatkan Anda dari segala jenis infeksi.

Lakukan pembersihan dengan benar

Tidak peduli produk apa yang Anda gunakan, baik itu tampon ataupun pembalut – pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi vagina. Jika Anda memilih yang sekali pakai, jangan lupa untuk memeriksa apakah segelnya masih utuh dan jika Anda menggunakan yang dapat digunakan kembali, sterilkan setiap kali sebelum digunakan.

Lebih suka kenyamanan

Saat Anda sedang menstruasi, cobalah untuk mengenakan celana dalam berbahan katun yang benar-benar nyaman dan bersih. Celana dalam yang ketat dan tidak nyaman atau yang dibuat selain kain katun tidak akan membuat kulit Anda bernapas dengan baik, sehingga menyebabkan Anda mengalami berbagai infeksi. Juga, jangan pernah memilih celana dalam yang basah karena dapat menginfeksi alat kelamin Anda dengan bakteri atau jamur.

Perhatikan ruam

Banyak wanita menggunakan dua pembalut secara bersamaan untuk mengontrol aliran yang deras dan untuk mengurangi kemungkinan pewarnaan. Ini dapat dengan mudah memotong ruang untuk bernafas dan bahkan mengencangkan area vagina yang dapat menyebabkan ruam dan alergi yang menyakitkan sementara keseimbangan PH vagina tidak seimbang. Cara ini juga meningkatkan kemungkinan terkena infeksi jamur dan bakteri.

Source : Pinkvilla

Image : Pexels and Halodoc

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Gigi Hadid dan Zayn Malik Menikmati Jadi Orang Tua