SITUS WARUNGBOTO, Pesanggrahan Megah Abad ke-17

Menjadi salah satu peninggalan dari cerita sejarah pada abad ke-17 masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II, Situs Warungboto memiliki banyak keunikan bangunan pada masanya. Berfungsi sebagai tempat singgah Raja beserta kerabatnya, Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun terletak diantara dua kecamatan/kapanewon yaitu Kelurahan Rejawinangun (Kec. Kotagede) dan Kelurahan Warungboto (Kec. Umbulharjo).

Situs Warungboto tampak depan hanya sebuah bangunan tanpa atap dengan tembok yang cukup tinggi yang hanya terkesan bangunan lawas tanpa keunikan apapun. Kita musti masuk kedalamnya, untuk melihat secara langsung bangunan unik yang begitu megah ini. Tempat singgah/pesanggrahan para raja tidak hanya sekedar untuk istirahat namun juga menenangkan serta mententramkan, maka dari itu bangunan ini tidak hanya memilik kamar saja namun juga taman serta kolam yang terletak di tengah-tengah bangunan dan berada didepan kamar. Tak hanya itu, terdapat juga kebun di dalam bangunan ini.

Kemegahannya tidak hanya terlihat dari situ, namun juga bangunan batu yang berdiri tembok tua yang tinggi dan kokoh terlihat estetis. Serta struktur bangunan yang berupa lorong, pintu dan juga jendela yang melengkung pada aksen atasnya. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Situs Warungboto ini.

Pengelolaan berkala yang dilakukan oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya mulai tahun 2016, menjadikan Situs Warungboto yang kini tertata rapi sebagai tempat wisata favorit di tengah kota. Keunikan sejarah abad ke-17 pun terbaca dari bangunan ini dan bisas diabadikan sebagai spot foto yang menarik. Tidak hanya sekedar sebagai tempat wisata, namun beberapa orang pun sudah mulai menggunakan sebagai lokasi prewedding. Sebagai panduan sebaiknya singgah ke Situs Warungboto pada pagi atau sore hari, Karena dengan struktur bangunan yang tanpa atap, pada siang hari, akan terasa terik sekali. (Diah Restu, Juni 2022)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Album Baru BTS Rilis 23 November