Desainer Jepang Issey Miyake meninggal, usia 84

Perancang busana terkenal Issey Miyake, yang dikenal karena teknik pakaiannya yang berlipit, telah meninggal pada usia 84 tahun.

Menurut pernyataan dari Miyake Design Studio dan Issey Miyake Group kepada FashionUnited, Miyake meninggal pada 5 Agustus dikelilingi oleh teman-teman terdekat dan kolaboratornya di sebuah rumah sakit Tokyo. Dia meninggal karena karsinoma hepatoseluler.

Lahir di Prefektur Hiroshima, Miyake berusia tujuh tahun ketika sebuah bom atom menghantam kotanya saat dia masih di sekolah.

Setelah lulus dari Tama Art University di Tokyo dalam desain grafis, ia pindah ke Paris untuk belajar desain fashion haute couture. Di sini ia bekerja dengan perancang busana terkenal Guy Laroche dan Hubert de Givenchy.

Sekembalinya ke Tokyo pada tahun 1970, ia mendirikan Miyake Design Studio.

Selama akhir 1980-an, Miyake mengembangkan cara pelipatan baru yang melibatkan membungkus kain dalam lapisan kertas dan memasukkannya ke dalam mesin press panas, sebuah teknik yang kemudian dikenalnya.

Pleats Please

Hal ini menghasilkan pengembangan koleksi ‘Pleats, Please’ khasnya, salah satu dari banyak lini mode yang ia ciptakan bersama berbagai peluncuran pakaian pria, pakaian wanita, dan aksesori.

Pada tahun 1997, Miyake mengumumkan pengunduran dirinya, menyatakan pada saat itu bahwa ia ingin mengabdikan dirinya untuk penelitian.

Dia kemudian dianugerahi Legiun Kehormatan Prancis, penghargaan tertinggi Prancis, pada 2016.

Pernyataan kelompok itu melanjutkan: “Selalu menjadi pelopor, Tuan Miyake menganut keahlian tradisional, sambil melihat ke depan untuk solusi baru: teknologi terbaru, dipandu oleh penelitian dan pengembangan.

“Dia tidak pernah mundur dari gagasan ‘membuat sesuatu’.

“Dia terus bekerja dengan timnya, menciptakan desain baru, dan mengawasi semua koleksi lini Issey Miyake yang berbeda. Semangat kegembiraan, emansipasi, dan keindahannya akan diteruskan oleh generasi mendatang.”

Grup tersebut menambahkan bahwa, sesuai dengan keinginan Miyake, tidak akan ada pemakaman atau upacara peringatan.

News Source : Fashionunited

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Gigi Hadid Akhirnya Tunjukkan Kehamilan