Sosok Inspiratif Irvan Helmi, Pengusaha Kedai Kopi Modern Berdayakan Petani Lokal Indonesia

Menjamurnya keberadaan Kedai Kopi moderen (Coffee Shop) di sejumlah wilayah di Indonesia, dinilai telah berdampak positif terhadap kesejahteraan hidup para Petani Kopi lokal tanah air. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh salah satu pengusaha kedai kopi moderen di Bali, Irvan Helmi Co Founder Anomali Coffee, saat diwawancarai langsung oleh awak media, di Anomali Coffee Ubud, Gianyar, pada Minggu (26/6/2023).

“Ini tentang bagaimana para pemilik coffee shop di Indonesia mampu menjadi jembatan, bagi para petani kopi lokal dalam memasarkan hasil pertaniannya, menjadi sebuah produk berkualitas yang dikenal dunia,” ucapnya.

Disebutkan, hubungan harmonis dan proses komunikasi yang baik antara pengusaha dengan petani sangat diperlukan untuk menentukan arah hasil pertanian menjadi produk-produk kopi berkualitas, yang memang diterima oleh pasar global. Selain itu, pengusaha kedai kopi juga dituntut memiliki pengetahuan mendalam, tentang pengelolaan hasil pertanian kopi termasuk manajemen pemanfaatan limbah sehingga petani terdukasi dengan baik, bahwa semua yang mereka hasilkan dari bertani kopi memiliki nilai ekonomi.

“Banyak pengusaha coffee shop masih bangga kalau bahan bakunya di datangkan dari luar negeri, dari Brazil, dari Colmbia, ini yang sebenarnya harus kita ubah. Kebanggaan untuk menggunakan hasil-hasil pertanian dalam negeri harus melekat, semangat ini yang harusnya ditonjolkan oleh para pengusaha coffee shop Indonesia,” jelasnya.

Mengakhiri sesi wawancara, Irvan Helmi menambahkan, bahwa masifnya keberadaan kedai kopi moderen diyakini telah berdampak positif terhadap kesejahteraan hidup para petani kopi lokal tanah air. Sebagai contoh, Anomali Coffee dengan taglinenya ‘Indonesia Speciality Coffee’ dikatakan telah mampu memberikan cerita kopi Indonesia ke dunia internasional.

“Bagi saya selama ini keberadaan kedai kopi moderen telah berdampak cukup positif bagi kesejahteraan petani lokal. Kenapa? Karena dulu, harga biji kopi mentah itu dari petani itu masih sekitar 45 ribu pak, per kilo. Sekarang, karena banyak lahirnya usaha coffee shop baru, harga biji kopi mentah dengan kualitas terbaik mencapai 120 sampai 150 ribu per kilo. We proud of Indonesia, jadi kita para pengusaha saat ini memang sangat bangga dengan hasil dari para petani lokal. Saat ini kita nomor 1 di dunia untuk produk-produk kopi,” tutupnya. (Agung Rai)

fashiondaily.id is an online magazine, that captures daily updates on fashion lifestyle trends.

Menu

More Stories
Supreme Rilis Jaket The Smurfs